in ,

Oh.. Ini Bedanya White Chocolate dengan Cokelat Lainnya

white chocolate
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Cokelat adalah makanan yang disukai hampir seluruh orang. Rasanya yang unik bikin cokelat banyak dikonsumsi, baik dalam bentuk langsung maupun sebagai campuran makanan. Tapi ternyata cokelat banyak jenisnya, lho. Salah satu yang cukup populer adalah white chocolate.

White chocolate alias cokelat putih adalah cokelat yang terbuat dari cocoa butter dan cocoa liquor.

Cocoa butter adalah lemak kakao, yaitu lemak yang berasal dari biji kakao atau cokelat. Lemak kakao ini didapatkan dari penggilingan biji kakao yang dipanaskan untuk dipisahkan bagian lemak dan cokelatnya. Cocoa butter ini memiliki warna bening agak kekuningan.

Sementara, cocoa liquor adalah cokelat murni berbentuk dari biji kakao kering. Cocoa liquor mengandung cocoa powder dan cocoa butter. Jika diproses lebih lanjut, dua zat ini dapat terpisah.

Pembeda cokelat putih dengan cokelat lainnya adalah ketiadaan padatan cokelat atau cocoa mass. Padahal yang memberikan warna gelap untuk produk cokelat adalah cocoa mass tersebut. Pembuatan white chocolate juga menambahkan berbagai bahan lain seperti gula, susu, dan vanili.

Cokelat putih tidak berwarna benar-benar putih, melainkan berwarna putih pucat atau ivory. Mulai 1930-an, cokelat batang Milkybar yang merupakan cokelat putih dirilis pertama kali di Eropa oleh perusahaan cokelat ternama asal Swiss, yaitu Nestle.

Sejak 2004, Amerika mengeluarkan regulasi mengenai standardisasi cokelat putih. White chocolate harus terdiri atas setidaknya dua puluh persen cocoa butter, empat belas persen padatan susu, dan 3,5 persen lemak susu.

Regulasi ini juga menekankan bahwa tidak boleh terdapat lebih dari 55 persen bagian cokelat putih berupa komponen pemanis. Sebelumnya, aturan ini tidak berlaku. Hal ini tentu saja membuat batasan komponen pemanis bisa ditambahkan lebih dari 55 persen.

Tingginya kandungan susu pada cokelat putih bikin kandungan kalsium cokelat putih relatif lebih tinggi daripada jenis cokelat lainnya. Kalsium ini baik untuk menjaga tulang dan gigimu, serta mendukung kesehatan jantung, saraf, dan otot.

Selain itu, cokelat putih juga mengandung anti-oksidan yang terdapat dari biji kakao. Selain berperan sebagai anti-oksidan, flavonoid pada cokelat juga bisa membantu menyehatkan otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat.

aroma air hujan

Inilah Alasan Kenapa Hujan Baunya Enak

waktu bermain gadget anak

Inilah Alasannya Kenapa Waktu Bermain Gadget Anak Wajib Dibatasi