in

Oh… Ini yang Namanya NOS

apa sih NOS itu
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Sering denger istilah nitrous oxide system atau yang biasa disingkat NOS? Kalau kamu ngikutin film-film racing, Fast and Furious misalnya, pasti nggak asing sama kata ini. Sebenernya, apa sih NOS itu dan apa pentingnya bagi kendaraan?

apa sih NOS itu
Foto: pexels

Seperti namanya, NOS terdiri atas dua bagian, yaitu bagian nitrogen dan bagian oksigen. Kira-kira, perbandingannya sekitar 35 persen merupakan oksigen dan sisanya nitrogen. Kedua zat tersebut bila bercampur dengan bahan bakar apat menambah kecepatan kendaraan.

NOS berbentuk seperti uap karena sebenarnya kedua zat tersebut merupakan penyusun atmosfer. Tapi pada tekanan tinggi sekitar 800 psi, NOS akan berbentuk cairan. Tekanan yang tinggi ini tentu saja mengharuskan wadah NOS sangat kuat. Jika tidak, NOS tidak akan bisa tersimpan dalam keadaan cair.

Tutup ataupun tabung NOS ini nggak boleh bocor sama sekali, lho. Karena jika terkena kulit, cairan ini akan sangat dingin dan membahayakan. Fenomena ini lazim disebut dengan frost bite. Umumnya, keadaan ini dialami para pendaki gunung yang mendaki pada ketinggian di atas 5.000 meter di atas permukaan laut.

Senyawa NOS tersebut dapat bercampur dengan bahan bakar, baik itu solar, bensin, maupun bahan bakar lain yang berupa senyawa hidrokarbon. Oksigen akan ikut terbakar dan membantu mengeluarkan tekanan tinggi.

Namun kondisi tersebut tidak terjadi dengan sendirinya. Diperlukan sumber api untuk memantik oksigen agar bisa terbakar dengan bahan bakar. Mesin kendaraan biasanya memiliki katup solenoid untuk mengontrol aliran gas NOS.

Jika menggunakan NOS, pasukan bahan bakar pun juga harus diperbanyak. Hal ini dilakukan untuk menghindari pembakaran yang terjadi pada NOS saja tanpa bahan bakar. Efek yang ditimbulkan sampai bisa membuat piston meleleh, lho.

Selain oksigen yang bekerja, nitrogen juga berperan dalam menurunkan suhu alias pendinginan. Efek pendinginan ini diperoleh dari penyerapan panas untuk menguapkan cairan NOS.

Keuntungan menggunakan NOS adalah dalam keadaan cair dan gas, volume NOS sangat minim. Tapi di dalam ruang bakar, NOS akan mengembang. Energi yang tercipta pun jauh lebih besar, sehingga bahan bakar yang digunakan meningkat dan tenaga mesin pun bertambah. Alias, laju kendaraan bisa jadi kenceng banget!

Bila tidak terjadi overheating karena kekurangan bahan bakar, ruang bakar juga jadi lebih dingin karena NOS juga menyerap panas. Sisi positif ini tidak akan diperoleh kalau kamu menggunakan mesin turbo untuk mendongkrak kecepatan kendaranmu.

Ada dua jenis NOS, yaitu wet NOS dan dry NOS. Sisitem pertama menggunakan sistem penyemburan antara BBM dan gas NOS yang bercampur dan ditembakkan bersamaan ke ruang bakar lewat mesin injeksi khusus. Sementara, pada sistem dry NOS penempatan gas NOS dan BBM dilakukan secara terpisah. Nozzle NOS disambungkan menuju ruang pembakaran secara terpisah dengan bensin yang tetap melalui jalur sendiri melalui injektor ataupun karburator.

sejarah McDonald’s

Ternyata Begini Sejarah McDonald’s yang Kelam

aplikasi chat

Ini Dia Aplikasi Chat yang Paling Banyak Digunakan