in

Oh, Ternyata Begini Asal-Usul Pizza

asal-usul pizza
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Siapa tidak kenal pizza? Makanan yang satu ini begitu menggoda. Aneka varian rasa sudah banyak dibuat. Tapi, asal-usul pizza sendiri masih menjadi perdebatan.

Makanan roti dari adonan tepung gandum ini sudah lama dikenal sejak zaman Yunani kuno. Adonan yang dibuat berbentuk bundar tipis ini disebut plankutos. Rasa roti ini berasal dari sedikit rempah tanpa bahan apa pun di bagian atasnya.

Nama pizza sendiri diperkirakan berasal dari bahasa Latin, pinsa. Kata tersebut bermakna roti datar. Dari dulu, pizza memang dikenal dimasak di atas batu atau bata.

Pertengahan abad 16, tomat mulai diperkenalkan di Italia. Namun pada saat itu, tomat belum dikenal sebagai bahan makanan. Buah merah yang satu ini disangka mengandung racun yang berbahaya sehingga hanya digunakan untuk hiasan meja.

Orang-orang dari daerah Napoli, Italia-lah yang pertama memulai eksperimen tomat untuk dijadikan topping pada pizza. Hal itu mulai berlangsung pada sekitar abad ke-17.

Mulai 1830 pizza mulai dikenal seperti pizza yang sekarang. Pizza tersebut dibuat dengan warna seperti bendera Italia. Warna merah berasal dari tomat, warna putih dari mozarella putih, dan warna hijau dari selada.

Pada 1889, istri Kaisar Italia Umberto I yang bernama Ratu Margherita Savoia sedang berkunjung ke Naples. Ia pun tertarik untuk membeli penganan yang ramai dimakan rakyatnya. Sang ratu pun sangat menyukai makanan bernama pizza tersebut.

Saking sukanya dengan pizza, beberapa juru masak yang ahli membuat pizza dari Napoli didatangkan ke istana. Koki tersebut bernama Rafaelle Esposito. Ia membuat pizza khusus untuk ratu dengan topping saus tomat, daun basil, dan keju mozarella yang meleleh.

Jenis pizza ini selanjutnya dikenal sebagai pizza margeritha. Sejak saat tersebut, pizza pun semakin digemari oleh kalangan atas.

Seiring berjalannya waktu, mulai muncul semakin banyak varian topping yang bisa disajikan dalam pizza. Hal tersebut juga didukung dengan penemuan bumbu rempah oregano, yang membuat rasa pizza semakin khas.

Jenis pizza yang dikenal luas antara lain vegetarian pizza, margheritta pizza, acropolis pizza, quattro pizza, seafood pizza, hawaian pizza, dan masih banyak lagi. Topping yang biasa digunakan mulai aneka daging dan berbagai jenis sosis, jagung, hingga jamur. Aneka jenis keju juga bisa ditambahkan untuk menambah cita rasa.

Pizza mulai dikenal di Amerika sejak beberapa imigran dari Napoli menetap di New York. Kini, pizza populer tidak hanya di Italia, tetapi juga diseluruh dunia.

Hari buku sedunia

Hari Buku Sedunia, Kenalan Yuk Sama Sejarah Buku

novel Indonesia tentang kopi

Novel Indonesia tentang Kopi, Sudah Baca?