in

Olahan Melon yang Harus Kamu Coba

Buah melon, buah kedondong. Mau dong~

olahan buah melon
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Apakah kamu salah satu pencinta olahan buah melon? Memasuki musim panen melon, buah ini banyak dijual di pasar hingga jalanan. Rasanya manis dan memiliki kandungan air yang tinggi, buah melon tak hanya nikmat disantap langsung. Yuk, simak ragam cara menikmati buah bulat yang satu ini.

Es melon jeruk nipis

Agustus masih jauh dari musim penghujan. Siang hari yang panas bisa kamu sejukkan dengan minuman yang satu ini. Perpaduan buah melon yang manis dan jeruk nipis yang segar akan membuat siang harimu lebih semangat.

Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan melon, air soda, jeruk nipis, dan es batu. Serut buah melon menjadi bentuk pipih memanjang. Masukkan ke wadah dan tambahkan air soda. Beri perasan air jeruk nipis dan tambahkan es batu. Bila suka minuman manis, kamu bisa tambahkan sirup melon atau gula cair.

Puding melon

Buah melon yang lembut ternyata juga nikmat diolah menjadi puding, lho. Makanan penutup ini bisa kamu sajikan jika kamu bosan dengan rasa puding yang itu-itu saja. Siapkan bahan-bahan berupa agar-agar instan, gula pasir, maizena, susu UHT, dan melon yang sudah dipotong kecil-kecil.

Campur rata tepung agar-agar, gula pasir, dan maizena. Masukkan susu UHT. Jika tidak terlalu suka rasa susu yang kuat, kamu bisa kurangi takaran susu dan menggantinya dengan air. Kemudian, didihkan campuran tersebut sambil terus diaduk.

Campuran yang sudah mendidih siap dicetak. Masukkan adonan puding ke cetakan. Di bagian atasnya, sertakan potongan buah melon. Tunggu hingga puding mengeras dan kamu bisa menyantapnya langsung ataupun didinginkan di dalam kulkas terlebih dahulu.

Keripik buah melon

Suka dengan camilan ringan? Kamu bisa buat keripik buah melonmu sendiri. Kamu hanya perlu menyiapkan melon, minyak goreng, garam, gula pasir, kapur sirih, air bersih, dan asam sitrat.

Cara membuat keripik melon diawali dengan mengupas dan mengiris melon menjadi irisan tipis. Rendam buah melon dalam larutan air kapur sirih selama kurang lebih 5 jam. Angkat dan cuci bersih dengan air biasa. Jika sudah, kembali tiriskan.

Goreng buah melon dengan mesin vacuum frying. Kamu juga bisa menggoreng dengan penggorengan biasa, tapi suhu yang dihasilkan akan lebih tinggi ketimbang menggunakan penggoreng vakum. Jika sudah, angkat dan tiriskan. Bumbui dengan gula dan garam agar rasanya semakin nikmat.

Prestasi Park Jimin

Pecahkan Rekor, Jimin BTS Salip PSY

tips memilih melon

Yuk Intip Rahasia dan Tips Memilih Melon