in

Olahan Tahu ala Mahasiswa, Sudah Tahukah Kamu?

olahan tahu ala mahasiswa
Foto: instagram bandungtasty

Ngobrolin.id — Kata siapa mahasiswa nggak bisa makan makanan lezat? Dengan harga murah, kamu tetap bisa bikin olahan tahu ala mahasiswa yang nendang dan pastinya ramah kantong. Silakan mencoba olahan-olahan sederhana berikut yang bisa kamu buat di kos.

Tahu gejrot

olahan tahu ala mahasiswa
Foto: instagram bandungtasty

Camilan lezat murah meriah, kamu bisa buat sendiri tahu gejrot dengan bahan-bahan sederhana. Yang kamu perlukan adalah 10—15 buah tahu pong goreng. Kamu juga bisa gunakan tahu sumedang atau jenis tahu lain yang tidak terlalu padat di bagian dalamnya.

Siapkan juga 5 buah cabai rawit, 2 siung bawang putih, ½ sendok teh garam, 1 sendok makan gula merah, 1 sendok makan kecap manis, 125 mililiter air masak, dan 3 sendok makan air asam.

Membuat tahu gejrot pun sangat mudah. Pertama, ulek bahan-bahan berupa cabai, bawang putih, garam, dan gula merah. Tidak perlu terlalu lembut, ya. tambahkan air, air asam, dan kecap manis dan aduk hingga rata. Tuangkan bumbu ini pada tahu yang sudah digoreng dan dimemarkan. Tahu gejrot pun siap disajikan.

Tahu bacem

olahan tahu ala mahasiswa
Foto: instagram sotobalungmbakmini

Ingin punya lauk yang awet dalam jangka waktu cukup lama? Buat saja tahu bacem. Harga tahu yang murah dan bumbu-bumbu yang mudah didapatkan cocok untuk menu harian kamu di kosan.

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan sebagai berikut. Kamu butuh 5 buah tahu kuning, ½ liter air kelapa atau air biasa, 2 sendok makan gula pasir, 2 lembar daun salam, 3 cm lengkuas yang sudah dimemarkan, ½ sendok teh garam, 2 sendok makan kecap manis, dan minyak goreng jika kamu ingin menggorengnya.

Siapkan juga bumbu halus berupa 4 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, dan 1 sendok teh ketumbar. Bumbu halus ini terlebih dahulu dihaluskan dengan cara diulek atau diblender. Jika sudah, masukkan ke air mendidih. Tambahkan pula lengkuas, daun salam, kecap manis, dan garam. Aduk rata.

Masukkan tahu dan tunggu hingga bumbu bacem meresap. Jika sudah meresap, warna tahu akan berubah menjadi kecokelatan. Tunggu hingga air dalam panci surut. Jika sudah masak, angkat dan tiriskan. Dinginkan tahu dan goreng sesuai selera. Tahu yang belum kamu goreng bisa disimpan dalam kulkas.

Tahu bakso

olahan tahu ala mahasiswa
Foto: instagram risolondo

Jika ingin menu olahan tahu ala mahasiswa yang kamu buat tampil lebih menggoda, kamu bisa membuat menu yang satu ini. Tahu bakso dibuat dari tahu putih yang dibentuk segitiga, 100 gram daging ikan apa saja, 100 gram sagu atau tapioka, 100 mililiter air dingin, 1 batang daun bawang yang diiris halus, dan bumbu lain seperti garam, gula, dan merica secukupnya.

Buat juga bumbu halus dari campuran 2 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih. Jika sudah, campurkan daging ikan, daun bawang, bumbu halus, garam, gula, dan lada. Aduk hingga rata dan tambahkan sagu. Untuk mencampurnya, masukkan air dingin dan aduk rata kembali.

Ambil adonan bakso dan isikan ke dalam tahu. Kukus tahu bakso hingga matang. Kamu bisa menyajikannya dengan atau tanpa digoreng terlebih dahulu.

karakter putri Disney

Ariel Sampai Snow White, Putri Disney Manakah Favorit Kamu?

resep mapo tahu

Resep Mapo Tahu, Hidangan Tiongkok yang Wajib Kamu Jajal