in

Olahan Tempe Ala Anak Kos Akhir Bulan

Akhir bulan tetap bisa makan kenyang

resep olahan tempe
Foto: instagram dwiex_cikal

Ngobrolin.id — Akhir bulan, dompet boleh kosong. Tapi, perut tetap harus kenyang. Supaya kamu nggak kelaparan sendirian di kamar, lebih baik alokasikan waktu luangmu untuk membuat resep olahan tempe sederhana berikut. Variasi makanan murah ini bisa kamu olah dengan bahan-bahan sederhana saja, kok.

Sayur tempe cabai hijau

resep olahan tempe
Foto: instagram loncang_rumahmasak

Jika kamu bosan mengonsumsi sayur yang itu-itu saja (karena keuangan tidak memungkinkan untuk membeli pasta primavera with asparagus and peas), kamu juga bisa membuat makanan lezat berbahan tempe. Eits, nggak cuma digoreng, sayur tempe juga nikmat, lho!

Siapkan tempe dan potong kotak-kotak. Siapkan juga 5 buah cabai hijau, satu kemasan kecil santan instan, air, gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Jika suka, kamu bisa juga tambahkan petai. Siapkan bumbu halus berupa 3 siung bawang putih, 1 siung bawang putih, 2 butir kemiri, dan ebi secukupnya.

Agar lebih nikmat, kamu cukup menambahkan 1 lembar daun salam, 1 ruas lengkuas geprek, 3 siung bawang merah iris, 2 siung bawah putih iris, dan 1 sendok teh gula merah. Terkesan ribet? Tunggu dulu, membuatnya tidak sesulit membalik Gunung Tangkuban Perahu, kok.

Kamu cukup menumis bumbu halus, lengkuas, dan daun bawang hingga harum. Tambahkan irisan bawang putih dan bawang merah, gula merah, dan aduk hingga layu. Masukkan tempe dan air hingga tempe terendam. Setelah mendidih, masukkan petai dan cabai. Terakhir, tinggal tambahkan santan, gula, garam, dan penyedap. Tunggu hingga mendidih dan siap disajikan. Mudah, bukan?!

Tempe balado

resep olahan tempe
Foto: instagram dwiex_cikal

Masih olahan tempe yang tak kalah pedas, kamu bisa membuat tempe balado dengan bahan yang lebih mudah lagi untuk ditemukan. Kamu membutuhkan tempe, daun jeruk, gula pasir, garam, dan minyak. Sementara itu, siapkan pula bumbu halus berupa cabai merah dan cabai rawit sesuai selera, 8 butir bawang merah, dan 1 buah tomat merah.

Potong tempe menjadi bentuk dadu, goreng hingga kuning keemasan. Tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga aromanya tercium harum. Masukkan gula dan garam hingga rasanya pas. Terakhir, tambahkan tempe dan aduk hingga rata.

Tempe orek

resep olahan tempe
Foto: instagram kartikathoyyib

Tempe orek tak boleh keluar dari daftar menu akhir bulan anak kosan. Makanan ini banyak disediakan oleh warung tegal alias warteg. Namun, kamu bisa membuatnya sendiri sambil mengisi waktu luang.

Siapkan tempe, kemudian potong dadu. Siapkan pula 3 sendok makan kecap, 3 siung bawang putih, daun salam, lengkuas, penyedap masakan, garam, gula, air, dan minyak. Cara membuatnya cukup dengan menumis bawang putih hingga harum. Masukkan daun salam dan lengkuas hingga matang. Tambahkan tempe, air, serta bumbu berupa garam, gula, penyedap makanan, dan kecap.

Masak hingga air susut terserap tempe. Jika sudah, angkat dan sajikan.

resep lauk tahu

Resep Lauk Tahu untuk Temani Makan Siangmu

film Home Alone

Remake Film Home Alone, Simak Infonya Berikut