in ,

Olahraga Bersepeda Punya Manfaat Luar Biasa Lho!

Olahraga bersepeda
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Sudah tahu belum? Olahraga bersepeda ternyata merupakan salah satu latihan fisik yang amat dianjurkan. Kenapa begitu? Alasannya, selain mudah dilakukan karena tidak memerlukan keterampilan atau peralatan khusus, bersepeda juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa buat tubuhmu.

Olahraga bersepeda
Foto: Pixabay

Supaya bisa bergerak, sepeda harus selalu dikayuh. Nah saat mengayuh, berbagai bagian tubuh ikut bergerak yang sekaligus juga akan melatih otot-otot tubuh. Berikut manfaat utama yang akan kamu dapatkan dari latihan bersepeda.

1. Manfaat untuk jantung

Bersepeda merupakan salah satu latihan aerobik yang bisa membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Individu yang teratur melakukan olahraga bersepeda akan memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol, serta terjauh dari obesitas dan diabetes, yang semuanya terkait dengan masalah jantung.

Untuk mencapai manfaat yang optimal, denyut jantung harus berada dalam kondisi latihan selama minimal 15—20 menit. Denyut jantung yang meningkat diharapkan mampu memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh.

2. Manfaat untuk otot perut

Orang yang rutin bersepeda biasanya memiliki otot perut yang lebih kencang dan kuat. Namun tidak hanya otot perut, saat mengayuh sepeda, otot tubuh bagian atas seperti bahu dan lengan juga turut berkoordinasi. Bersepeda juga membantu membakar kalori, yang pada gilirannya mengurangi akumulasi lemak. Salah satu timbunan lemak yang turut dibakar adalah yang terdapat pada perut sehingga membuatnya tampak lebih langsing dan kencang.

3. Manfaat untuk otot tubuh bagian lain 

Tidak hanya otot perut yang terlatih, otot tubuh bagian lain seperti paha, betis, bahu, pinggul, dan tangan juga akan mendapatkan manfaat. Untuk mendapatkan semua manfaat tadi, latihan bersepeda harus dilakukan secara teratur, dan jika memungkinkan dikombinasikan dengan jenis olahraga lain.

Bersepeda juga merupakan latihan fisik yang baik untuk membantu memperkuat tulang. Dibandingkan dengan joging, orang yang melakukan latihan sepeda akan mengalami tekanan tulang (terutama tulang lutut) lebih sedikit sehingga menghindarkan timbulnya nyeri. Bersepeda juga merupakan latihan pemanasan yang baik bagi kamu yang hendak melakukan latihan aerobik atau angkat berat.

jenis musik

Tingkatin Produktivitas Kamu dengan 5 Jenis Musik Ini

noda kuning telur

Trik Cerdas Menghilangkan Noda Kuning Telur pada Pakaian