in ,

Olahraga Terbaik untuk Penderita Nyeri Punggung Bawah

Berenang jadi olahraga yang paling disarankan bagi penderita nyeri punggung bawah.

nyeri punggung bawah
Foto: Olahraga berenang paling tepat untuk penderita nyeri punggung bawah (Pixabay)

Ngobrolin.id — Olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan untuk penderita nyeri punggung bawah sekalipun. Di antara sekian banyak olahraga yang ada, berenang jadi olahraga yang paling disarankan bagi penderita penyakit itu, seperti disampaikan dokter spesialis saraf RS EMC Sentul Jawa Barat, Dewanta Sembiring.

“Renang gaya bebas yang disarankan. Bagi penderita nyeri punggung bawah yang memiliki masalah di leher tidak disarankan renang dengan gaya dada,” kata Dewa di Bogor, Selasa (30/4/2019).

Ia mengatakan, remang gaya bebas juga menggunakan bagian leher, tapi tidak terlalu membebani seperti pada gaya dada. Oleh karena itu, tidak masalah bila dilakukan. Hanya saja, lanjut Dewa, tak semua orang bisa melakukan olahraga satu ini.

Lalu, selain renang, pasien nyeri punggung bisa melakukan olahraga apa?

“Bagi pasien nyeri punggung bawah, saya menyarankan untuk jalan kaki di dalam air itu juga bermanfaat,” ujarnya.

Sementara itu, dilansir laman Medium, dokter Sean McCance mengatakan, berenang merupakan olahraga dengan medium air yang bisa melatih otot-otot tubuh. Namun, tidak memberi tekanan pada seluruh sendi tubuh.

“Tekanan hidrostatik air juga membantu mendorong aliran darah ke otot-otot di bagian punggung didukung oleh otot-otot kecil lainnya,” kata Sean.

pria takut berkomitmen menikah

5 Alasan Pria Takut Berkomitmen Menikah

karakteristik ideal smartphone incaran generasi milenial

Begini Karakteristik Ideal Smartphone Incaran Generasi Milenial