in

Oversharing, Kebanyakan Sharing di Dunia Maya Emang Gak Bagus

oversharing
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Belakangan ini warganet sedang diingatkan dengan istilah oversharing. Sederhananya, oversharing merupakan seseorang yang terlalu banyak membagi kehidupan pribadinya di laman media sosial. Kamu pasti tahu kan media sosial apa saja yang saat ini sering dipakai warganet.

Ternyata, perilaku tersebut merupakan hal buruk dan menjadi pertanda kamu sedang kecanduan media sosial. Ironisnya, pelaku oversharing justru tidak menyadari kalau sudah melakukannya. Padahal, tidak semua followers atau pengikut di media sosial kamu merupakan teman.

Oversharing terjadi saat sudah kecanduan media sosial sehingga kamu lebih terbiasa mengumbar kehidupan pribadi secara tak langsung. Hal ini dapat memicu tindakan kriminal.

Perilaku ini juga sering terjadi karena perasaan fear of missing out (FOMO) atau takut ketinggalan. FOMO terindikasi menjadi salah satu penyebab utama dari perilaku oversharing dan seringkali menyebabkan efek buruk yang merugikan kesehatan mental, seperti rasa ketidakpuasan yang ekstrem.

Selain menjadi tanda kecanduan media sosial, oversharing juga menjadi tanda kondisi kesehatan mental. Mereka yang sering mengumbar kehidupan di media sosial cenderung menggunakan motif memuaskan diri sendiri dengan mendapatkan perhatian dari followers.

Mencegah oversharing

Perilaku yang terlalu mengumbar kehidupan di media sosial atau dunia maya perlu kamu cegah sedini mungkin. Jika memang ada masalah, sebaiknya ceritakan pada sahabat atau orang terdekat. Menceritakan masalah di media sosial tidak akan membuat masalah kamu selesai, justru masalah kamu jadi diketahui banyak orang dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Jadi, jangan heran kalau akan ada banyak spekulasi yang muncul tentang masalah kamu.

Gak semua hal perlu dibagi ke media sosial

Kamu juga perlu ingat, gak semua hal perlu dibagikan ke media sosial. Tapi, bukan berarti kamu gak boleh membagikan kehidupan kamu di media sosial. Mungkin kamu perlu belajar untuk memilah mana konten yang baik untuk diunggah dan konten yang nyerempet ranah pribadi yang sebaiknya tidak diunggah. Kamu perlu punya batasan sendiri agar tidak terbawa arus warganet yang lain.

Jangan pegang gadget kalau lagi marah atau galau

Kalau kamu lagi marah atau galau, sebaiknya jangan pernah pegang gadget. Kamu perlu menjauh sesaat untuk menenangkan diri sehingga tidak dikuasai dengan emosi yang bisa membuat kamu melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang.

rambut rontok

Sebal Rambut Rontok Terus? Kenali Penyebabnya

Angkringan The Series

Angkringan The Series, Kesederhanaan yang Hangat