in

Pahami Beberapa Gejala Kanker Paru-paru

gejala kanker paru-paru
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Kanker paru-paru menjadi salah satu kanker yang banyak diderita. Penyebab utamanya adalah rokok dan kandungan zat berbahaya di dalamnya. Namun, bukan perokok juga bisa terkena penyakit fatal ini. Oleh karena itu, pahami beberapa gejala kanker paru-paru agar pengobatannya tidak terlambat.

Ada beberapa tanda yang menjadi gejala kanker paru-paru. Sayangnya, gejala ini muncul ketika tumor sudah cukup besar atau kanker telah menyebar ke jaringan lain. Beberapa gejala yang mungkin terjadi adalah batuk kronis, batuk darah, penurunan berat badan secara drastis, nyeri dada dan tulang, serta sesak napas.

Gejala ini sebenarnya sangat umum dan bisa saja mengacu kepada gejala penyakit lain yang tak kalah fatal. Namun, ciri utama seseorang bisa jadi pengidap kanker paru-paru bisa dilihat dari kebiasaan merokok.

Perokok aktif memiliki risiko terserang kanker paru-paru yang lebih besar bila memiliki beberapa gejala tersebut. Namun, seseorang yang tidak aktif merokok juga bisa mengidap kanker paru-paru. Oleh karena itu, perlu ditilik kembali apakah penderita memiliki riwayat hidup yang dekat dengan pemicu kanker.

Jika seseorang memiliki gejala kanker paru-paru, harus ditinjau kembali apakah orang tersebut memiliki anggota keluarga yang juga pernah menderita penyakit serupa. Genetik dalam keluarga bisa menjadi faktor seseorang terserang, meskipun hal ini juga bukan merupakan penyebab utama.

Jika seseorang tinggal dan bekerja di tempat yang dekat dengan zat kimia pemicu kanker, seseorang juga akan rawan terkena kanker. Begitu juga banyaknya terpapar polusi udara sehari-hari, dan juga pernah mengalami radioterapi. Pun, seseorang yang bukan perokok namun merupakan perokok pasif juga bisa mengidap kanker paru-paru.

Gejala kanker ini bisa diketahui lebih lanjut dengan melakukan rontgen, CT scan, hingga biopsi jaringan paru. Dokter akan menarik kesimpulan berdasarkan tiga uji tersebut, termasuk jenis dan stadium kanker yang diderita. Selain ketiga jenis uji tersebut, akan dilakukan juga PET scan untuk mencari tahu penyebaran kanker dalam tubuh.

Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter jika memiliki gejala yang mengarah kepada kanker paru-paru. Selain itu, kamu bisa mulai mengurangi merokok atau berada dalam lingkungan dengan asap rokok dan zat pemicu kanker lainnya. Sayangi tubuhmu sejak dini.

bahaya merokok

Ketahui Bahaya Merokok Bagi Tubuh

tips makan kenyang

Tips Makan Kenyang Tanpa Khawatir Badan Mengembang