in

Panas Dalam? Coba Atasi dengan Ini

Redakan panas dalam dengan bahan alami dan sederhana

obat panas dalam
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Musim pancaroba akhir-akhir ini membuat daya tahan tubuh menurun. Salah satu akibatnya, tubuh menjadi lebih rentan terserang berbagai jenis gangguan kesehatan. Salah satunya adalah panas dalam. Siapa sangka, ternyata ada bahan alami yang dapat digunakan untuk obat panas dalam, lho.

Air garam

Air garam yang dimaksud untuk mengobati panas dalam tidak dikonsumsi dengan cara diminum, ya. Penggunaan air garam ini dilakukan dengan cara dikumur seperti saat mengobati sakit gigi. Garam membantu mengikat cairan di tenggorokan. Selain itu, garam juga dapat membantu mengurangi bakteri di tenggorokan.

Air lemon

Selain campuran air dan garam, campuran air dan jeruk lemon juga dapat digunakan untuk mengurangi panas dalam. Kamu bisa membuat infused water dengan dua bahan ini. Lemon mengandung vitamin C yang baik bagi anti-oksidan. Selain itu, lemon juga dapat meningkatkan produksi air liur sehingga melindungi kelembapan membran mukosa.

Jahe

Bahan ketiga yang dapat digunakan untuk obat panas dalam adalah jahe. Rempah populer yang satu ini mengandung antibakteri dan antiperadangan sehingga dapat mengurangi panas dalam. Campurkan jahe ke rebusan air biasa untuk mengonsumsinya. Selain itu, kamu juga dapat meminumnya bersamaan dengan teh atau lemon agar lebih lezat.

Kayu manis

Rasa kayu manis yang nikmat membuatnya digemari sebagai bahan baku pembuatan makanan manis. Rempah ini ternyata juga punya kandungan anti-oksidan yang baik bagi tubuh, lho. Jika kamu sedang panas dalam, tidak ada salahnya untuk membuat teh atau susu dengan campuran kayu manis untuk membantu meredakannya.

Cuka apel

Bakteri yang menyebabkan peradangan dan panas dalam bisa dibasmi dengan menggunakan asam asetat pada cuka apel, lho. Tak hanya panas dalam, cuka apel juga sudah lama dikenal dapat mengatasi berbagai gejala batuk hingga flu. Campurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air hangat. Berikan madu supaya rasanya lebih nikmat.

Minyak kelapa

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat panas dalam. Minyak kelapa dapat membasahi membran mukosa di tenggorokan. Dengan begitu, rasa nyeri akibat panas dalam dapat berkurang.

Cara penggunaannya dengan mencampurkan 2 sendok makan minyak kelapa pada teh, cokelat, ataupun sup. Kamu juga bisa mengonsumsinya langsung. Psst, konsumsi minyak kelapa berlebih dapat menyebabkan konstipasi, lho.

 

etika menginap di hotel

Etika Menginap di Hotel, Traveler Wajib Tahu!

keracunan makanan

Keracunan Makanan? Lakukan 5 Hal Sederhana Ini