in ,

Parents, Waspadai Nyeri Serviks pada Anak karena Gawai

nyeri serviks pada anak
Foto: Pixabay

Ngobrolin.idParents, bila si buah hati mengeluh sakit di bagian leher dan punggung, waspadai hal tersebut sebagai akibat dari penggunaan gawai. Konsultan Ortopedi, Columbia Asia Hospital Hebbal, Dr. Ravichandra Kelkar, menjelaskan nyeri punggung dan leher terjadi karena ketegangan berlebihan pada tulang belakang dan seringkali nyeri serviks pada anak.

nyeri serviks pada anak
Foto: Pixabay

Nyeri tersebut telah menjadi bentuk paling umum dari rasa sakit yang terjadi pada tubuh anak. Nyeri serviks pada anak-anak biasanya dapat terjadi karena anak berada dalam posisi yang sama selama berjam-jam dan postur tubuh yang tidak benar. Selain itu, hal ini juga dipicu karena anak sering membawa tas berat dan duduk di kursi yang tidak nyaman.

Hal yang paling umum di zaman digital seperti saat ini, yaitu penggunaan gawai selama berjam-jam bisa jadi pemicunya. Dokter Kelkar mengungkapkan bagian utama yang menyebabkan masalah ini terletak pada penggunaan gawai yang berkelanjutan.

Posisi yang buruk saat duduk ataupun tidur, belajar atau saat menggunakan komputer, ponsel, dan televisi selama berjam-jam dengan posisi yang sama serta duduk dengan tidak tepat menyebabkan sakit leher dan punggung sejak usia sangat muda.

“Masalah serviks pada usia yang begitu muda sangat berbahaya karena cenderung tetap seumur hidup memengaruhi postur anak seumur hidup jika tidak diperhitungkan tepat waktu,” ujar Dr. Kelkar seperti dilansir dari laman Indian Express, Minggu (31/3).

Kecanduan ponsel membuat anak-anak menghabiskan berjam-jam membungkuk di atas perangkat, merusak leher dan tulang mereka, yang mengarah ke peningkatan dalam kasus ‘leher teks’ atau ‘I-Postur’ atau I-Slouch’.

“Kepala manusia memiliki berat 10 pound dalam posisi netral dan ketika Anda memegangnya dalam sudut ini, itu akan melelahkan otot leher Anda. Untuk setiap inci Anda memiringkan kepala ke depan, tekanan pada tulang belakang berlipat ganda. Memberi tekanan luar biasa pada tulang belakang Anda, ini dapat menyebabkan ketidaksejajaran tulang belakang dan cakram tulang belakang. Jika tidak dicatat pada usia muda dan terus seperti ini, sosok itu sendiri ternyata membungkuk di atas perangkat bahkan dengan tidak adanya perangkat,” papar Dr. Kelkar.

“Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan permanen, termasuk perataan kurva tulang belakang, awal artritis, degenerasi tulang belakang, kehilangan kapasitas volume paru-paru dan bahkan masalah pencernaan,” tambahnya.

Cara meredakan nyeri serviks di antaranya dengan mandi air hangat. Hal tersebut dapat membantu mengendurkan otot-otot yang tegang. Kemudian latihan peregangan leher dan tangan, berbaring telentang saat menggunakan ponsel, jaga ponsel sejajar mata saat duduk atau berdiri, jaga punggung lurus semaksimal mungkin, dan istirahat layar secara teratur.

sejarah semur

Mengulik Sejarah Semur di Indonesia

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika pertama

Mengenang Sejarah Konferensi Asia-Afrika Pertama