in

Patbingsu, Es Serut Korea yang Populer di Indonesia

Patbingsu segar dan dingin, cocok dinikmati di siang terik

patbingsu khas Korea
Foto: instagram mealtopuoe

Ngobrolin.id — Menu makanan khas Korea selalu hilir mudik di banyak tayangan drama Korea. Kesan yang dibangun oleh sang aktor saat memakannya pun sangat menggoda. Salah satunya, pasti masih ingat dong adegan di drama Shopping King Louise? Yups, patbingsu khas Korea jadi salah satu menu yang bikin penasaran dan layak dicoba.

Makanan yang satu ini biasa dikonsumsi di tengah terik matahari. Sebagai salah satu makanan penutup khas Korea, patbingsu kerap disajikan dengan berbagai variasi. Padahal, mulanya, makanan ini dikenal sebagai es serut kacang merah biasa, lho.

Dalam bahasa Korea, pat berarti es serut kacang merah manis. Menu ini dijajakan oleh para pedagang kaki lima. Dinamakan patbingsu karena menggunakan kacang merah sebagai topping pada makanan ini. Kacang merah ini sudah diolah sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti pasta, namun tetap memiliki teksturnya sebagai kacang merah.

Versi awal dari makanan ini berupa es batu yang diparut dan diberi kacang merah, kue beras khas Korea tteok, dan bubuk kacang. Makanan ini dikenal sejak Dinasti Joseon, tepatnya pada akhir abad ke-14 dan terus berkembang hingga memasuki abad ke-20.

Kini, kamu bisa memesan jenis topping lain, tidak hanya kacang merah. Banyak penjual patbingsu yang menyajikan santapan ini dengan beragam varian buah, es krim, agar-agar, sereal, dan krim kocok.

Es krim patbingsu kekinian digunakan untuk menggantikan es serut. Tentu saja hal ini akan membuat rasa patbingsu menjadi lebih nikmat. Namun, ada pula patbingsu yang menggunakan es krim hanya sebagai topping-nya.

Di Korea sendiri, varian es krim yang paling populer digunakan ada beberapa. Tiga di antaranya rasa green tea, kopi, dan yoghurt. Ketiga jenis patbingsu ini wajib kamu coba jika mengunjungi negeri yang terkenal dengan para idol group-nya ini.

Potongan buah segar yang menjadi topping patbingsu antara lain stroberi, pisang, kiwi, mangga, dan jeruk. Wah, pasti sangat segar ya, perpaduan es serut dengan buah-buahan ini. Sudah nggak sabar dong menginjakkan kaki ke Korea dan menikmati patbingsu di musim panas?

jenis mangga populer

4 Mangga Populer, Kenali Sebelum Membeli

keuntungan menjadi jomblo

Ini Keuntungan Menjadi Jomblo Saat Semua Teman Sudah Berpasangan