in ,

Pedoman Salat Tarawih, Salat Idulfitri dan Iktikaf di Bulan Puasa 2021

Tetap patuhi protokol kesehatan ya!

salat tarawih
foto; Pixabay

Ngobrolin.id — Memasuki tahun kedua pandemi, ibadah puasa di bulan Ramadan masih berlangsung dengan batasan protokol kesehatan. Berbeda dengan tahun kemarin, pada tahun ini masyarakat dapat menjalankan ibadah di luar rumah seperti salat tarawih dan iktikaf di masjid, meskipun tetap harus dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan. Sementara, tahun kemarin masyarakat benar-benar tidak diizinkan untuk beribadah di luar rumah.

Sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 24 Tahun 2021, kamu bisa melakukan salat fardu, tarawih, witir, tadarus alquran, dan iktikaf di masjid atau di tempat umum lainnya secara berjamaah. Namun, kamu harus tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Dalam fatwa tersebut dijelaskan bahwa salat dengan meregangkan saf hukumnya diperbolehkan. Kondisi tersebut bertujuan menjaga jarak antarjamaah agar tidak saling berdekatan. Kondisi tersebut disebut sebagai hajat syar’iyyah. Begitu pun dengan menggunakan masker ketika salat yang menutupi bagian hidung dan mulut, salatnya tetap sah dan hukumnya diperbolehkan.

Namun, orang yang tengah terpapar Covid-19 atau rentan terpapar Covid-19 tidak diperbolehkan beribadah di luar rumah. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penularan setelah beribadah.

Selain itu, umat Muslim juga dianjurkan untuk membaca doa qunu nazillah ketika salat fardu dan salat witir. Anjuran tersebut merupakan bagian dari ikhtiar kepada Allah SWT agar pandemi Covid-19 berakhir dan terhindar dari segala bencana.

Perihal iktikaf, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah atau bersama-sama di masjid dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Jika kondisi tubuh sedang kurang fit, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk iktikaf di masjid. Selain itu, jangan lupa untuk membawa perlengkapan salat, ibadah, dan alat makan sendiri dari rumah.

Salat Idulfitri 1 Syawal 1442 H juga sudah bisa dilaksanakan secara berjamaah di masjid, musala, tanah lapang, atau tempat lainnya. Namun ingat, kamu tetap perlu menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti kebijakan pemerintah setempat. Sementara, untuk tata cara salat Idulfitri tahun ini masih sama dengan tata cara salat Idulfitri tahun lalu yang dilaksanakan ketika pandemi.

 

 

tes swab

Tes Swab dan Vaksin di Bulan Puasa Tidak Membatalkan Puasa

membatalkan puasa

5 Perkara yang Membatalkan Puasa