in ,

Pekerjaan yang Dulu Ada, Sekarang Sirna

bidang pekerjaan
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Perkembangan zaman semakin maju dan Indonesia terus mengalami perubahan secara signifikan. Perubahan tersebut menyebabkan banyaknya kebiasaan lama yang mulai ditinggalkan dengan teknologi lebih canggih. Salah satu yang mulai tergerus oleh zaman adalah beberapa bidang pekerjaan yang dulu ada sekarang sirna. Berikut ini beberapa pekerjaan yang terbilang hampir atau sudah punah.

Penjaga wartel

Siapa yang pernah merasakan menelepon di wartel atau warung telepon? Zaman dulu teknologi telepon masih belum dimiliki oleh semua orang. Saat itu telepon masih menjadi barang mewah. Nah, untuk memfasilitasi masyarakat berkomunikasi, lahirlah usaha wartel yang menyediakan beberapa telepon di dalam bilik.

Biasanya, wartel dijaga oleh penjaga yang akan menagih biaya telepon. Biaya tersebut sudah bisa diketahui pelanggan karena di dalam bilik juga terdapat sistem yang memberi tahu berapa besar biaya telepon yang sudah digunakan.

Penyewaan DVD

Saat ini kalau mau nonton hanya tinggal buka aplikasi streaming, lalu berlangganan dan selesai. Zaman dulu, kalau mau nonton kita harus pergi ke bioskop, layar tancap, membeli DVD, atau menyewa DVD. Sewa DVD sering dipilih karena biayanya tidak semahal membeli DVD film atau menonton di bioskop. Namun, kamu perlu menontonnya segera karena sewaan tersebut memiliki tenggat waktu.

Tukang foto keliling

Sebelum teknologi kamera berkembang pesat, dulu ada profesi foto keliling yang menawarkan jasa foto dengan menggunakan kamera analog. Kamu perlu menunggu berhari-hari agar dapat melihat hasil fotonya. Tapi, kalau sekarang sih sudah bisa dengan mudah menggunakan handphone, kamera pocket, dan lainnya.

Loper koran

Ketika perkembangan internet belum pesat, sebagian masyarakat Indonesia masih mengandalkan media koran atau majalah sebagai sumber informasi. Tak heran, dulu banyak profesi loper atau pengantar koran karena kebutuhan akan informasi dari media cetak tersebut masih besar. Namun, berbeda dengan sekarang, ketika seluruh informasi sudah bisa diakses hanya dalam hitungan detik.

Sebenarnya, penjual koran belum sepenuhnya punah karena masih ada beberapa orang yang lebih senang baca berita dari media cetak koran. Kamu masih bisa menemuinya di pinggir jalan atau di terminal-terminal.

Penjaga pintu Tol

Sebelum seluruh pintu tol di Indonesia menggunakan mesin otomatis, pintu-pintu tol masih dioperasikan oleh pekerja. Mereka akan memberikan karcis dan menarik biaya masuk jalan tol. Namun, saat ini seluruh pintu tol sudah dioperasikan secara otomatis dengan mesin, paling hanya ada beberapa petugas yang berjaga di setiap pintu untuk mengantisipasi error yang dapat terjadi pada mesin.

wkwkwk

Mengupas Sejarah Wkwkwk Sebagai Ketawa Orang Indonesia

saus cajun

Saus Cajun yang Diincar di BTS Meals McD, Ini Resepnya!