in

Pelajari Tahapan Penyakit Asam Urat Sebelum Terlambat

Jangan sampai terlambat!

Penyakit asam urat
Foto: freepik

Ngobrolin.idPenyakit asam urat sering juga dikenal sebagai bagian dari penyakit arthritis. Penyakit ini menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit pada sendi yang muncul tiba-tiba. Berdasarkan tingkat keparahannya, penyakit asam urat bisa digolongkan menjadi beberapa tahapan.

Bagian yang paling sering terkena asam urat alias encok adalah jempol kaki. Namun, bagian sendi lain juga bisa terkena encok. Mulai dari lutut, pergelangan kaki, hingga telapak kaki. Tak menutup kemungkinan bila penyakit ini bisa terjadi di tangan dan siku meskipun tidak sesering terjadi pada kaki.

Asam urat bisa terjadi tanpa menunjukkan gejala terlebih dahulu. Namun, ada beberapa gejala yang biasa terjadi. Pertama, nyeri sendi yang parah dan mendadak. Nyeri ini biasanya terjadi di pagi hari.

Kedua, sendi menjadi bengkak dan lunak. Sendi juga tampak kemerahan dan terasa panas di sekitar area tersebut. Gejala bisa muncul dalam beberapa jam pada 1—2 hari hingga berbulan-bulan.

Penyakit asam urat bisa terjadi pada beberapa tahapan. Pertama, tahap ketika kadar asam urat sudah naik dalam darah namun gejala-gejala yang ditunjukkan belum terlalu tampak. Pada tahap ini, bisa jadi penderita tidak merasakan apa pun.

Gejala asam urat baru akan terasa ketika seseorang sudah terlanjur mengidap batu ginjal. Penyakit batu ginjal sendiri merupakan salah satu penyakit kronis yang disebabkan oleh rusaknya sistem kerja ginjal.

Tahapan kedua penyakit asam urat terjadi ketika kadar asam urat sudah terlalu tinggi. Asam urat tersebut membentuk kristal asam urat. Biasanya, hal ini terjadi pada jari-jari kaki. Gejala yang ditimbulkan berupa nyeri dan sakit sendi yang tidak berlangsung lama.

Jika Anda tidak mengalami gejala ini atau hanya mengalami gejala kecil, intensitas tersebut akan meningkat pada tahap kedua ini. Selain intensitas, frekuensi penderita merasakan gejala juga akan semakin sering.

Tahapan ketiga merupakan tahap akhir dari penyakit asam urat. Gejala yang tak kunjung hilang serta kristal asam urat yang terbentuk tidak terjadi pada satu sendi saja. Sendi-sendi lain juga akan mulai terasa nyeri.

Jika dibiarkan, kristal asam urat tersebut juga akan berada di bawah kulit. Akibatnya, penderita akan merasakan nyeri yang sangat parah. Tahap ini juga bisa memungkinkan tulang rawan penderita menjadi rusak karena adanya kristal asam urat. Jadi, jangan sungkan untuk segera periksa ke dokter, ya.

lokasi prewedding terbaik di Bali

5 Lokasi Buat Prewedding Terbaik Di Bali

kuliner khas kemerdekaan

Hidangan Merah Putih, Kuliner Khas Kemerdekaan