in

Peluang Bisnis Kedai Kopi Masih Terbuka Lebar

peluang bisnis kedai kopi
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Pernahkah kalian berpikiran untuk membuka usaha sendiri? Nah, gimana kalau kita ngobrolin peluang bisnis kedai kopi? Sebab, bisnis ini masih memiliki peluang yang sangat besar. Ya, walaupun jumlah kedai kopi di kota-kota besar terus bertambah. Hal ini diungkapkan oleh Head Coffee Curator Gordi, Arief Said.

peluang bisnis kedai kopi
Foto: Pixabay

“Peluangnya besar karena memang sudah ada data survei dari Departemen (Kementerian, red) Perdagangan bahwa ternyata konsumsi kopi meningkat hampir 15 persen per tahunnya selama beberapa tahun. Sedangkan produksi kopinya sendiri di Indonesia masih lima persen pertumbuhannya. Jadi, ini kondisi di mana kita lumayan over demand. Memang pertumbuhannya sangat besar,” ujarnya seperti dilansir Republika.

Nah, tapi bagi kamu yang baru masuk industri kopi, Arief menyarankan untuk mencari identitas yang mau dibawa kedai kopi kamu. Namun, kalaupun belum ada identitas spesifik yang mau dibawa, menurutnya juga tidak masalah sih.

Coffee shop itu masih neighbourhood sekali, masih bergantung pada tetangga yang ada di coffee shop tersebut. Karena kondisi Jakarta macet, dari satu tempat ke tempat lainnya. Jadi, mengapa akhirnya kopi Kulo, Janji Jiwa, pop up di mana-mana harapannya di daerah lingkungan itu saja bisa meraja dan mendapatkan pelanggan mereka,” jelasnya.

Lebih lanjut ia juga mengatakan, dengan pertumbuhan konsumsi kopi, pada akhirnya pelanggan pun menjadi tidak loyal pada suatu merek. Kalau sudah minum kopi A, mereka bisa saja minum yang lain.

Supaya kedai kopi bisa bertahan, Arief menyebutkan bahwa butuh keterlibatan pemilik. Entah pemilik ada di kedai kopi hanya untuk memantau, membantu membuatkan kopi atau lainnya. Hal ini membuat suatu merek mempunyai jiwa sehingga mereka bisa lebih adaptasi dengan permintaan pasar.

“Ternyata pasar butuh bukan seperti ini, tapi butuh seperti es kopi susu Tuku misalnya. Kebutuhan seperti ini tidak bisa dilepaskan begitu saja, tapi memang harus dari para pemilik tersebut yang bisa mendengarkan, menyerap, dan menganalisa kebutuhan bisnisnya sehingga pada akhirnya bisa membuat keputusan ke arah bisnisnya dia mau kemana,” jelasnya.

takjil unik khas daerah

Melancong Keliling Nusantara Cicipi Takjil Unik Khas Daerah

pinjam uang online

Hati-hati Kalau Pinjam Uang Online!