in

Peluang Usaha Sampingan untuk Guru

peluang usaha sampingan yang menjanjikan

usaha sampingan untuk guru
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Guru merupakan salah seorang yang sangat berjasa mencerdaskan kehidupan bangsa. Tanpa seorang guru, tidak akan ada ahli yang mampu menciptakan berbagai teknologi. Namun, sebenarnya profesi guru juga dapat melakukan usaha sampingan untuk menambah pemasukan mereka, lho! Berikut ini beberapa usaha sampingan untuk guru.

Online Shop

Usaha yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan oleh semua kalangan. Kecanggihan internet membuat semua orang mudah untuk berniaga melalui jejaring internet. Terlebih lagi seorang guru pasti akan memiliki relasi yang lebih luas dengan orangtua murid serta teman seprofesi.

Penulis buku

Ilmu yang dimiliki oleh seorang guru akan sangat berguna jika terus dipakai oleh muridnya. Namun, tak jarang penyampaian materi di depan kelas cukup terbatas dan mudah untuk dilupakan. Seorang guru dapat menuliskan semua wawasan yang ia miliki dalam bentuk buku. Jadi, selain bermanfaat untuk murid yang akan mempelajarinya, juga akan bermanfaat bagi dirinya untuk menambah pemasukan.

Peternakan

Usaha yang satu ini terbilang cukup keluar jalur dari profesi guru. Pasalnya, guru yang hendak memulai usaha peternakan harus memiliki wawasan yang luas tentang dunia peternakan agar mendapatkan untung. Inilah yang menyebabkan masih jarang guru yang memilih usaha sampingan ini. Padahal, jika ditekuni lebih jauh, usaha peternakan dapat menjadi investasi usaha di masa tua para guru saat ia sudah tidak lagi mengajar.

Usaha kuliner

Usaha ini merupakan usaha yang paling mudah untuk dilakukan oleh para guru yang sudah memiliki keterampilan memasak. Oleh karena itu, ia hanya perlu memasarkan hasil masakannya kepada teman-teman seprofesi dan kepada mitra lainnya. Bahkan, guru bisa bekerja sama dengan koperasi atau kantin sekolah untuk menitipkan masakan olahannya.

Les privat

Dari sekian jenis usaha yang telah disebutkan, usaha membuka les privat merupakan usaha yang paling mudah untuk dilakukan. Sebab, kegiatan mengajar les privat sendiri pasti sudah dikuasai dengan baik oleh para guru. Oleh karena itu, tidak heran kalau banyak guru yang membuka usaha les privat bagi murid yang membutuhkan jam tambahan untuk belajar.

Kang Daniel Dikonfirmasi Alami Gangguan Depresi

mencari pekerjaan

Cara Mencari Pekerjaan dengan Mudah Lewat Internet