in

Peluncuran Instagram For Kids Ditunda, Kenapa Ya?

Instagram for Kids
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Belum lama ini Instagram mengumumkan penundaan peluncuran aplikasi mereka yang dikhususkan untuk anak-anak, namanya Instagram For Kids. Instagram khusus anak-anak diadakan sebagai platform yang cocok untuk anak-anak berusia di bawah 13 tahun, mengingat regulasi data pribadi Uni Eropa menyatakan bahwa anak di bawah umur 13 tahun dilarang memiliki akun media sosial.

Namun, rupanya ide tersebut malah memicu kritikan dari berbagai pihak. Salah satunya kritikan dari Campaign for a Commercial-Free Childhood. Mereka meminta kepada Facebook untuk menghentikan proyek tersebut. Mereka beranggapan fitur ini bisa meningkatkan penggunaan aplikasi oleh anak-anak yang rentan terhadap fitur manipulatif dan eksploitatif.

Kritikan lain juga datang dari Kathryn Montgomery dari Center for Digital Democracy. Melansir dari liputan6.com, ia menyebutkan bahwa tujuan utama perusahaan tersebut menginisiasi Instagram For Kids adalah meraih keuntungan dari anak-anak yang lebih muda. Lebih lanjut lagi, Montgomery mengatakan, memperkenalkan anak-anak ke lingkungan media komersial dapat menimbulkan ancaman serius terhadap privasi, kesehatan, dan kesejahteraan mereka.

Pihak Instagram yakin dengan Instagram For Kids, orangtua dapat lebih mudah memantau kegiatan anak-anaknya di media sosial. Pasalnya, Instagram ini dirancang memang untuk umur anak-anak di bawah 13 tahun.

Kritikan-kritikan yang masuk menjadi pertimbangan Instagram yang akhirnya menunda perilisan aplikasi tersebut. Katanya, penangguhan tersebut akan dimanfaatkan Instagram untuk bekerja sama dengan orangtua, pakar, pembuat kebijakan, dan regulator.

Penangguhan ini bukan berarti aplikasi tersebut batal diluncurkan. Pihak Instagram akan tetap meluncurkannya.

Sejak 2019, Instagram telah menerapkan kebijakan baru, pengguna harus memasukkan usia saat ingin mendaftar akun. Usia yang bisa diterima minimal 13 tahun. Regulasi ini sudah berlaku di seluruh negara, termasuk di Indonesia. Regulasi ini dibuat untuk mencegah pengguna yang belum cukup umur untuk memiliki akun Instagram.

Regulasi tersebut dibuat untuk menyesuaikan dengan undang-undang perlindungan data yang berlaku di Eropa dan Amerika Serikat. Negara tersebut diketahui sudah menerapkan kebijakan yang sangat ketat terhadap penggunaan data digital, terutama untuk perlindungan data anak-anak.

 

 

butuh piknik

Jangan Lupa, Kamu Butuh Piknik!

bahaya lemon

Mau Menggunakan Lemon sebagai Masker? Simak Bahaya Lemon untuk Wajah!