in ,

Pembangunan Jurassic Park Komodo Ramai Dikritik Warganet

penjelasan dari pihak pengembangnya nih

jurassic park komodo
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Belum lama ini warganet kembali dihebohkan dengan kondisi pembangunan kawasan wisata Taman Nasional Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam foto tersebut terlihat komodo yang berhadapan langsung dengan truk proyek. Ternyata, saat ini sedang ada pembangunan Jurassic Park Komodo.

Pembangunan Jurassic Park Komodo dilakukan di kawasan Loh Buaya, Pulau Rinca. Proyek tersebut digadang-gadang mampu membuat kawasan tersebut menjadi destinasi wisata yang menarik para pengunjung, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Setelah foto tersebut viral, banyak warganet yang mengecam proyek pembangunan tersebut. Kritik bukan saja datang dari warganet, para peneliti juga menilai pembangunan tidak dilaksanakan sesuai dengan nilai konservasi.

Pembangunan Jurassic Park di kawasan Pulau Rinca sudah disetujui oleh pemerintah pusat dan daerah. Pembangunan tersebut merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Proyek pembangunan Jurassic Park Komodo digarap langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat agar wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut tidak akan bersinggungan langsung dengan komodo. Wisatawan bisa melihat komodo dari atas bangunan yang berbentuk lingkaran.

Dilansir dari bbc.com, pembangunan proyek tersebut hanya dilakukan di atas lahan kurang dari satu hektare. Pembangunan memang hanya difokuskan untuk menyediakan sarana bagi wisatawan agar dapat melihat komodo tanpa bersentuhan langsung. Sarana lain yang dibangun adalah dermaga, pusat informasi wisata, jerambah, dan penginapan penjaga hutan.

Proses pembangunan proyek ini sudah dimulai sejak pandemi berlangsung. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bertugas menjaga pelestarian komodo di tengah pembangunan proyek dan memastikan tidak ada komodo yang menjadi korban akibat aktivitas tersebut.

Setelah viral foto komodo yang berhadapan langsung dengan truk proyek, pihak KLHK akan mengirim timnya untuk meninjau lokasi pembangunan tersebut untuk membuat protokol keselamatan komodo.

Selain menjaga keselamatan komodo, KLHK juga bertugas menjaga kondisi hutan yang ada agar pembangunan proyek tersebut tidak menyalahi aturan konservasi.

Namun, masih banyak pihak dan lembaga yang menilai pembangunan proyek tersebut masih menyalahi aturan konservasi. Salah satunya adalah pembangunan proyek seharusnya tidak boleh menimbulkan kebisingan. Akan tetapi, yang terjadi di lokasi proyek banyak truk, eksavator, serta beberapa helikopter yang terus berlalu lalang di kawasan tersebut.

bioskop yang sudah buka

Kangen Nonton? Ini Dia Daftar Bioskop yang Sudah Buka

lagu ahmad abdul

Lagu Ahmad Abdul yang Wajib Kamu Dengarkan!