in

Pemerintah Luncurkan Layanan Curhat Corona untuk Masyarakat

kamu bisa menggunakan layanan tersebut untuk meringankan beban psikologis

layanan curhat corona
foto: pexels

Ngobrolin.id — Pandemi Covid-19 di Indonesia tidak hanya memunculkan masalah kesehatan fisik, tetapi juga psikologi. Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan 20 persen permasalahan selama masa pandemi memang berasal dari permasalahan kesehatan. Namun, 80 persen lainnya berasal dari permasalahan psikologi. Oleh karena itu, pemerintah merilis layanan curhat corona bagi masyarakat yang terdampak.

Layanan konsultasi psikologi ini diberi nama Sejiwa atau Sehat Jiwa. Moeldoko menjelaskan ancaman tekanan psikologi masyarakat di tengah pandemi meningkat. Hal tersebut berdasarkan jumlah aduan kekerasan dalam rumah tangga yang dilaporkan oleh beberapa lembaga perlindungan hukum .

“Maka hari ini kita luncurkan layanan psikologi Sejiwa. Harapannya, masyarakat Indonesia bisa memiliki satu jiwa dan semangat yang sama untuk saling gotong royong melawan pandemi,” ujar Moeldoko seperti dikutip dari laman ccnindonesia.com.

Tren KDRT yang terjadi di Indonesia juga dialami oleh beberapa oleh negara yang terdampak pandemi Covid-19. Hal tersebut dikarenakan adanya tekanan sosial dan ekonomi yang cukup berat sehingga menyebabkan lonjakan kasus KDRT pada perempuan dan anak-anak.

Misalnya Prancis, setiap minggunya muncul hingga sepertiga kasus, di Afrika tercatat ada 90.000 kasus pengaduan KDRT, dan Australia mencatat pencarian online mengenai layanan bantuan KDRT meningkat hingga 75 persen setelah masa pandemi.

Tak hanya kasus KDRT, kasus pelecehan seksual, perkosaan, dan beberapa kasus lainnya juga turut berkontribusi menyebabkan masalah psikologi semakin meningkat.

Layanan ini bisa diakses oleh masyarakat melalu hotline 119 ekstensi 8. Masyarakat bisa mengadu apa yang sedang dialami di tengah pandemi. Harapannya, masyarakat bisa teredukasi dengan baik untuk menghadapai permasalahannya tersebut.

Layanan curhat corona yang diselenggarakan oleh pemerintah menerima pelaporan, penerimaan pengaduan, penjangkauan, pengelolaan kasus, pendampingan pelayanan hukum, layanan psikologi, mediasi, dan rujukan rumah aman atau shelter bagi mereka yang membutuhkannya. Rujukan rumah aman akan dikoordinasikan langsung oleh Kementerian Sosial.

Sebagaimana yang sering didengar, di dalam jiwa yang sehat terdapat raga yang kuat. Salah satu benteng pertahanan tubuh untuk melawan serangan penyakit adalah kondisi kesehatan mental. Selain itu, didukung dengan asupan nutrisi serta olahraga. Dengan begitu, kesehatan tubuh kamu akan seimbang.

 

 

 

hamper lebaran

Ide Hamper Lebaran yang Unik

novel remaja islami

Rekomendasi Novel Remaja Islami, Pangeran Surgaku