in ,

Pemerintah Tambahkan Hari Cuti Bersama 2020

hari libur nambah 4 hari nih!

haro cuti bersama 2020
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Berbeda dari 2019 yang kebanyakan hari libur jatuh di akhir pekan, kalau tidak Sabtu, ya Minggu. Pada 2020, hari libur banyak yang jatuh di pertengahan minggu dan bahkan ada banyak hari kejepit. Meskipun rada menyebalkan, setidaknya hari libur tidak jatuh di akhir pekan. Namun, tahukah kamu, jika pemerintah baru saja menambahkan hari cuti bersama 2020 sebanyak 4 hari, lho!

Berita tersebut diumumkan pada 9 Maret 2020 yang dilakukan oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, dan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah.

Dilansir dari kompas.com keputusan penambahan hari cuti bersama tersebut berdasarkan hasil kespakatan antara kementerian yang terkait. Hari libur pada 2020 yang semula hanya 20 hari menjadi 24 hari. Keempat hari cuti bersama tambahan tersebut jatuh pada 28—29 Mei, 21 Agustus, dan 30 Oktober.

Pada 28—29 Mei, hari cuti bersamaan dengan cuti hari Raya Idul Fitri 2020. Pada 21 Agustus, hari cuti bersamaan dengan Tahun Baru Hijirah. Dan, pada 30 Oktober, hari cuti bersamaan dengan Maulid Nabi Muhammad Saw.

Hari libur memang bisa ditambahkan berdasarkan tiga keputusan. Pertama, hari libur tersebut masuk ke hari libur yang ditetapkan oleh berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2051 tahun 1967 dan sudah diubah dengan Keppres Nomor 3 Tahun 1983.

Kedua, hari libur ditambahkan berdasarkan keputusan pemerintah karena pertimbangan khusus. Ketiga, penambahan hari cuti yang menggunakan hak cuti yang dimiliki oleh para karyawan.

Penambahan hari cuti yang saat ini diberikan dari pemerintah adalah untuk meningkatkan perekonomian nasional yang sedang mengalami penurunan secara global. Oleh karena itu, diharapkan banyak masyarakat yang melakukan kunjungan pariwisata ke beberapa destinasi yang dimiliki Indonesia.

Jadi, kamu sudah merencanakan mau liburan ke mana nih?

meminjamkan uang ke teman

Cara Aman Meminjamkan Uang ke Teman

membuat filter instagram

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri