in

Penasaran dengan Sosok Mi Dingin? Simak Faktanya di Sini!

Siapa yang sudah mencobanya?

mi dingin
foto: Pixabay

Ngobrolin.id— Orang Indonesia lebih mengenal hidangan mi yang disajikan dengan kuah panas atau digoreng tanpa kuah. Saat ini mi sudah menjadi salah satu hidangan andalan yang mudah dan lezat. Tapi, pernahkah kamu dengar menu mi dingin? Nyatanya, mi dingin memang ada, menu ini berasal dari Korea dan Jepang. Kalau mi dingin dari Korea disebut dengan nama naengmyeon.

Berasal dari Korea Utara

Menu mi ini cukup bersejarah bagi masyarakat Korea karena disajikan ketika Korea Selatan dan Korea Utara saling berseteru. Negara Korea Utara menghadirkan naengmyeon, mi pada menu ini berukuran kecil dan berwarna kecokelatan. Menu tersebut berasal dari kota yang cukup terkenal di Korea Utara, yaitu Pyongyang dan Hamhung. Meski berasal dari Korea Utara, menu naengmyeon juga populer di Koera Selatan.

Sajian favorit saat musim panas

Naengmyeon merupakan menu favorit saat musim panas karena kuahnya terasa sangat dingin. Kuah menu ini ditambahkan es batu dalam jumlah yang cukup banyak. Bahkan, ada beberapa orang yang membekukan kuah mi.

Ciri khas naengmyeon

Selain kuahnya yang terasa dingin, ciri khas lain dari naengmyeon adalah mi yang cukup keras sehingga sulit diputuskan dengan gigi dan harus dipotong dengan gunting sebelum dimakan. Tekstur mi tersebut disebabkan oleh bahan baku yang digunakan untuk membuat mi adalah tepung buckwheat, sejenis gandum.

Namun, secara tradisional mi tidak dipotong-potong sehingga mi memang dibiarkan memanjang. Pasalnya, masyarakat setempat percaya bahwa mi yang panjang dapat melambangkan umur panjang dan kesehatan yang baik.

Sajian naengmyeon

Mi dingin biasanya dihadirkan di dalam mangkuk stainless besar dan diisi dengan kaldu dari daging sapi serta dilengkapi dengan timun yang diiris memanjang. Selanjutnya, ditambahkan irisan pir korea, telur rebus, dan daging sapi yang disusun rapi di atasnya sebagai lauk. Untuk menambahkan rasa dingin, mi dicampurkan dengan es batu. Buat pencinta rasa pedas, menu ini juga bisa ditambahkan saus pedas.

Mi dingin dapat disajikan dalam dua jenis, yakni berkuah atau tanpa kuah. Mi yang disajikan dengan kuah disebut mul naengmyeon, sedangkan yang tidak disajikan dengan kuah disebut bibim naengmyeon.

Bibim naengmyeon lebih sering disajikan bersama dengan gochujang (saus cabai merah) agar lebih nikmat disantap.

lampor

Kisah Lampor yang Belakangan Viral di TikTok

gunung termahal

Mendaki Gunung Tidak Selalu Gratis, Ini 7 Gunung Termahal untuk Didaki!