in , ,

Pencarian Lagu di Google Bisa Lewat Senandung!

cari lagu jadi lebih gampang

cari lagu di google
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pada Kamis (15/10) Google meluncurkan fitur terbarunya, yaitu mencari lagu hanya melalui senandung lagu dalam beberapa bar. Wow, penemuan yang cukup fenomenal bukan?! Biasanya, kan kita sering hanya mengetahui lagu dari senandung dan kurang menghafal lirik. Nah, tentunya ini akan sangat memudahkan kita untuk cari lagu di Google.

Dengan adanya fitur terbaru dari Google, kamu sudah tidak perlu bingung lagi saat ingin mencari lagu seperti Tuan Crab. Pada salah satu episode di film Spongebob, Tuan Crab terlihat kebingungan ketika ingin me-request lagu di radio, pasalnya ia hanya mengetahui nadanya, lirik apalagi judulnya tidak. Hal tersebut menyebabkan ia terlihat seperti berbicara dengan bahasa robot.

Kamu bisa menggunakan fitur tersebut melalui aplikasi Google Mobile dan Google Asisten. Setelah membuka ikon mikrofon, kamu bisa melihat tulisan ‘Telusuri lagu’. Selanjutnya, mulailah bersenandung selama beberapa detik dan Google akan merekam senandung kamu.

Buat kamu yang tidak muncul opsi ‘Telusur Lagu’, bisa mulai mencari seperti biasa dengan berucap ‘Hai Google’. Selanjutnya, ucapkan ‘lagu apa ini’ dan bersenandung, bersiul, atau bernyanyi selama beberapa menit.

Setelah itu, Google akan menyajikan beberapa lagu yang sekiranya memiliki kemiripan dengan lagu tersebut. Dalam pilihan tersebut juga akan menampilkan persentase tingkat kemiripan senandung dengan pilihan lagu.

Lagu yang paling atas memiliki tingkat kemiripan yang cukup besar, hal ini tercermin dari besar persentase kemiripannya. Oleh karena itu, meskipun sudah bisa mencari lagu lewat senandung, pastikan kamu bersenandung sesuai dengan nadanya. Ya, setidaknya hampir mirip 70 persenlah, biar Google tidak salah dalam mendeteksi nada kamu.

Fitur ini sudah bisa digunakan dalam iOS dan Google Android. Sebenarnya, fitur ini bukan merupakan hal baru. Sebelumnya sudah adalah SoundHound yang sudah menawarkan fitur tersebut, yakni mencari lagu lewat senandung. Cara penggunaannya pun sama dengan sistem yang digunakan Google.

Fitur mencari lagu di Google lewat senandung diyakini akan menarik banyak peminat. Pasalnya, Google memiliki database pertanyaan yang sering ditayangkan melalui kolom pencarian dan orang-orang sering mencari lagu apa yang sedang diputar. Pencarian tersebut terjadi hingga 100 juta kali.

 

 

 

twisted

Drama Horor Komedi Twisted, Dion Wiyoko Bersanding dengan Para Komika Kocak

mengubah suara jadi teks

Aplikasi Mengubah Suara Jadi Teks, Cocok Buat Kamu yang Susah Ngetik!