in ,

Peneliti Asal Washington Berhasil Mengubah Plastik Jadi Bahan Bakar Pesawat

plastik
foto: Pixabay

Ngobrolin.id Plastik, salah satu benda di muka bumi yang paling sering diperdebatkan oleh banyak orang karena satu sisi memberikan manfaat yang begitu penting, tetapi di sisi lain memberikan dampak yang cukup parah bagi bumi. Banyak ilmuwan dan pakar yang berusaha mengatasi dampak plastik, salah satunya dengan mendaur ulang. Peneliti asal Washington State University mengklaim berhasil mengubah plastik menjadi bahan bakar.

Dilansir dari cnnindonesia.com, para peneliti menyatakan bahwa mereka mampu mengubah 90 persen plastik hidrokarbon menjadi bahan bakar pesawat dan produk hidrokarbon lainnya dalam kurun waktu satu jam.

Proyek penelitian tersebut dipimpin oleh mahasiswa pascasarjana Chuha Jia dan Hongfei Lin serta profesor di Sekolah Teknik Kimia dan Bioteknologi Gene dan Linda Voiland. Penelitian tersebut sudah masuk jurnal Chem Catalysis.

Sampah plastik sudah menjadi permasalahan penting di seluruh dunia. Pasalnya, sampah ini tidak bisa terurai di alam. Plastik yang sudah rusak sekalipun tetap dapat meninggalkan potongan kecil mikroplastik yang saat ini sudah ditemukan di dalam hidangan makanan kita, lho! Makanya, gak heran banyak orang yang berbondong-bondong mencari solusi untuk mengatasi permasalahan ini.

Faktanya, hanya sembilan persen dari sampah plastik di Amerika yang dapat didaur ulang setiap harinya. Kebayangkan, gimana banyaknya sampah plastik yang tidak terdaur ulang. Daur ulang memang sudah menjadi solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan plastik. Namun, solusi ini masih terbentur oleh beberapa hambatan seperti teknologi pengolahan yang belum memadai, biaya daur ulang yang mahal, dan tidak praktis untuk diadopsi industri.

Kemudian para peneliti berhasil mengembangkan proses katalitik untuk mengubah polietilen menjadi bahan bakar jet dan pelumas bernilai tinggi. Polietilen sendiri merupakan plastik yang paling sering digunakan untuk mengemas berbagai produk, mulai dari kantong belanja, botol susu, hingga pipa tahan korosi.

Peneliti menggunakan rutenium pada katalis karbon dan pelarut yang biasa digunakan. Hasilnya, mereka mampu mengubah plastik menjadi komponen bahan bakar jet dengan waktu satu jam pada suhu 220°C.

 

 

 

 

 

billboard times square

Wajah Musisi Indonesia yang Pernah Terpampang di Times Square New York

Mencuri Raden Saleh

Angga Yunanda dan Iqbal Ramadhan Bakal Jadi Pencuri di Mencuri Raden Saleh