in

Pengertian Palung Laut, Bagian Terdalam Lautan

palung laut
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Bumi yang sudah tua ini menyimpan banyak sekali rahasia dan keistimewaan yang gak bakal habis kalau diceritakan dalam satu malam. Salah satu keistimewaan yang dimiliki adalah palung laut.

Palung laut merupakan cekungan yang sangat curam dan berada di dasar laut. Cekungan tersebut diapit oleh dua tebing sehingga kondisinya sangat curam, dalam, dan sempit. Lebih sederhananya, palung laut merupakan jurang yang berada di dalam lautan yang berbentuk huruf ‘V’.

Salah satu palung yang paling terkenal adalah Palung Mariana. Palung ini merupakan palung terdalam di dunia dan berbentuk cekungan dan membentang sejauh 1.580 mil atau sekitar 2.540 km. Sementara, lebar palung sekitar 43 mil atau setara dengan 69 km.

Palung ini ditemukan pertama kali pada 1875 pada saat misi pelayaran keliling dunia. Palung tersebut ditemukan oleh peralatan suara yang bernama HMS Challenger. Nama Mariana diberikan pada palung ini karena palung tersebut ditemukan di sekitar Kepulauan Mariana.

Pada 1960, kapal bernama Bathyscaphe berhasil menemukan titik terdalam Palung Mariana yang berada di dasar parit utama di sebelah barat daya Guam (pulau di Samudera Pasifik). Titik terdalam Palung Mariana terletak di Challenger Deep dan berbentuk seperti lembah berdinding curam.

Dilansir dari kompas.com, ada fakta yang cukup menyedihkan bahwa di dalam Palung Mariana sudah terdeteksi adanya polutan, bahan kimia buatan manusia yang telah dilarang penggunaannya pada 1970. Bahan-bahan kimia tersebut mayoritas berada di bagian terdalam lautan.

Para ilmuwan mengambil sampel amphipoda dari Palung Mariana dan menemukan fakta bahwa kandungan polutan organik persistennya terbilang sangat tinggi.

Di Indonesia terdapat beberapa palung laut yang terbilang cukup dalam. Palung terdalam merupakan Palung Mindanao yang berada di bagian barat Samudera Pasifik Utara dekat Filipina. Kedalaman Palung Mindanao mencapai 10.540 meter di bawah permukaan laut dan palung tersebut merupakan palung terdalam ketiga di dunia.

Selanjutnya, ada Palung Weber dengan kedalaman 7.440 meter berada di antara busur luar dan dalam dari Banda. Dan di posisi ketiga ada Palung Jawa dengan kedalaman 7.140 meter.

Selain itu ada juga Palung Buton sedalam 4.180 meter, Palung Sangihe 3.850 meter, Palung Taulud 3.450 meter, Palung Ternate 3.450 meter, Palung Timor 3.310 meter, dan Palung Makassar sedalam 2.540 meter.

 

 

kebiasaan penyebab jerawat

Sudah Skincare-an Tapi Masih Jerawatan? Mungkin Kamu Masih Melakukan Kebiasaan Ini

es kacang merah

Resep Es Kacang Merah yang Menyegarkan nan Bergizi