in ,

Pengertian Sekuel dan Prekuel Film

istilah yang sering kamu dengar di dunia film

sekuel atau prekuel
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pasti kamu sering mendengar kata-kata sekuel atau prekuel film. Istilah ini sering digunakan oleh film yang sukses dan kemudian dibuat film lanjutannya dengan sistem franchise atau waralaba.

Seperti film Insidious, kini film Annabelle memiliki banyak versi dengan pemain yang berbeda-beda. Hal ini karena banyak penonton yang menyukai cerita baru dari boneka Annabelle, tetapi dengan universe atau inti cerita yang sama dengan film sebelumnya. Permintaan tersebut dianggap peluang oleh pihak produksi film dan akhirnya membuat hadirnya sistem waralaba dalam pembuatan film.

Sebenarnya, bukan saja prekuel dan sekuel, kamu juga akan menemukan beberapa istilah lain dalam pembuatan film. Simak ulasan mengenai istilah tersebut di bawah ini.

Sekuel

Sekuel berarti cerita lanjutan. Oleh karena itu, film sekuel adalah film lanjutan dari film sebelumnya. Cerita sekuel merupakan cerita yang paling sering digarap dalam industri film untuk membangun sistem waralaba. Biasanya, film yang dibuatkan sekuelnya merupakan film dengan jumlah penonton yang fantastis.

Perhatikan deh beberapa film yang meledak di pasaran, seperti Frozen, Insidious, Annabelle, Spiderman, dan masih banyak lagi. Atau, memang ada film yang sengaja dirancang agar memiliki sekuel meskipun belum tentu meledak di pasaran. Namun, biasanya film tersebut sudah diprediksi pasti akan mendapatkan banyak penonton, sih.

Prekuel

Berbeda dengan sekuel, prekuel adalah jalan cerita yang diambil sebelum kejadian yang sudah ditayangkan sebelumnya dalam film utama. Misalnya, film Fantastic Beast, film tersebut merupakan prekuel dari film Harry Potter. Di mana film tersebut mengangkat kisah masa lalu dunia sihir saat Albus Dumbledore dan beberapa pemeran utama dalam film Harry Potter masih muda.

Biasanya, prekuel akan menceritakan bagaimana konflik dalam cerita utama bisa terjadi. Seperti film Annabelle Creation. Film tersebut menceritakan bagaimana sesosok boneka bisa dimasuki arwah.

Remake

Sesuai artinya, remake berarti membuat ulang film yang sudah sukses. Meskipun film ini memang dibuat ulang dari film yang sudah ada, tak jarang banyak juga lho film remake yang sukses di pasaran. Contohnya saja film The Ring yang digarap ulang dari film Jepang.

Reboot

Kalau remake membuat cerita ulang, sedangkan reboot merupakan film yang dibuat sangat berbeda dengan film aslinya. Yang menjadi acuan dari pembuatan film reboot adalah karakter utamanya saja, sedangkan karakter yang lain sering dibuat menjadi berbeda. Biasanya reboot lebih sering digunakan dalam pembuatan film-film bertema superhero.

Spin off

Spin off merupakan cerita dari salah satu tokoh karakter pendukung dalam film utama. Seperti dalam film Shrek 2 terdapat karakter Puss in Boots. Selanjutnya, karakter Puss in Boots dibuatkan film secara khusus.

rekomendasi podcast

Rekomendasi Podcast yang Sesuai dengan Mood Kamu

pemebli penipu

Jangan Sampai Kecele! Begini Caranya Menghindari Pembeli Penipu