in ,

Pengisi Acara TV Wajib Menggunakan Masker, Gak Boleh Cuma Face Shield

Jangan lupa pakai masker, ya!

face shield
foto: Youtube Tonightshow

Ngobrolin.id — Sejak awal pandemi Covid-19 hingga beberapa bulan terakhir ini para pengisi acara di televisi tidak mengenakan masker, hanya mengenakan face shield. Memang cukup sulit membawakan acara dengan kondisi tertutup oleh masker. Namun, karena sudah mulai banyak para pengisi acara di tv yang terjangkit, satgas Covid-19 meminta kepada KPI menegur artis yang tidak mengenakan masker.

Achmad Yurianto, mantan juru bicara penanganan Corona sudah sering mengimbau penggunaan face shield yang tidak disertai dengan masker tidak efektif dan tetap bisa menularkan atau ditularkan.

Penggunaan face shield tidak bisa menahan microdroplet sehingga seseorang tetap bisa mengeluarkan virus atau tertular virus meski sudah mengenakan pelindung muka yang berwarna bening tersebut.

Beberapa dokter juga sudah melayangkan kritikan terhadap pengisi acara televisi yang tidak mengenakan masker. Puncaknya pada 10 Januari 2021, melansir dari kumparan.com, Prof. Wiku Adisasmito, juru bicara Satgas Covid-19 meminta kepada Komisi Penyiaran Indonesia untuk menegur dengan tegas pelaku hiburan yang masih tidak menaati protokol kesehatan seperti tidak mengenakan masker.

Wiku menjelaskan bahwa seluruh institusi harus bekerja sama untuk mengendalikan penularan Covid-19, termasuk dengan industri hiburan televisi.

Setelah kritikan tersebut dilayangkan kepada industri televisi, kini hampir semua pengisi acara mematuhi protokol kesehatan tersebut. Seperti pada acara Tonight Show yang dipandu oleh Desta, Vincent, Hesty, dan Enzy sudah terlihat mengenakan masker putih.

Keempat pemandu acara yang kocak ini mengakui cukup kesulitan memandu acara dengan masker, tetapi protokol kesehatan tersebut harus tetap dilakukan untuk melindungi diri sendiri. Sebelumnya, para pemandu acara hanya mengenakan face shield.

Penampakan berbeda juga terlihat pada ajang pencarian bakat Indonesian Idol Show Top 13. Seluruh pengisi acara, mulai dari juri hingga kontestan tampil mengenakan masker. Para kontestan diwajibkan mengenakan masker sebelum menyanyi. Masker tersebut dibuka ketika mereka sudah berada di atas panggung untuk bernyanyi. Seluruh pengisi acara juga menjalani tes PCR setiap minggunya.

Selain mulai mengenakan masker dan face shield, para pembawa acara sudah terlihat menerapkan jaga jarak.

 

 

wajib divaksin

Masuk Negara Ini Wajib Sudah Divaksin

potong rambut

Alasan Kawula Muda Potong Rambut Setelah Putus Cinta