in ,

Penting! Ini Cara Merawat Lensa Kontak

Karena bersentuhan langsung dengan mata, lensa kontak butuh penanganan khusus.

Cara merawat lensa kontak
Foto: unsplash

Ngobrolin.idPengguna lensa kontak sejati pasti paham dong ribetnya menyimpan benda yang satu ini? Cara merawat lensa kontak sangat penting diperhatikan. Karena bersentuhan langsung dengan mata, lensa kontak butuh penanganan khusus.

Lensa kontak sendiri merupakan alternatif alat bantu melihat bagi penderita miopia. Bisa dibilang, lensa kontak adalah pengganti kacamata. Keunggulannya sangat banyak antara lain tidak ada risiko baret, pecah, patah, atau hilang seperti saat menggunakan kaca mata.

Berikut ini beberapa cara merawat lensa kontak yang harus kamu pahami agar tetap terjaga.

Selalu cuci lensa kontak. Cuci hingga bersih menggunakan air khusus. Keringkan tangan sebelum memasang atau melepas lensa kontak, serta saat sebelum membersihkannya. Hal ini penting agar lensa kontak tidak terkena benda atau mikroba.

Gunakan cairan pembersih khusus lensa kontak. Cairan ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di optik. Cairan ini digunakan untuk membilas lensa kontak, juga digunakan untuk merendam jika sedang tidak digunakan.

Hindari menggunakan air atau cairan lain. Kita tidak pernah tau apa yang terkandung dalam cairan tersebut, apakah mengandung bakteri atau tidak. Sekali lagi, lensa kontak akan bersentuhan langsung dengan mata kita.

Bersihkan lensa kontak dengan gerakan yang lembut. Gerakan yang terlalu kasar dan terburu-buru bisa merusak lensa kontak, bahkan sampai robek.

Selalu lepas lensa kontak sebelum mandi atau berenang. Usahakan agar lensa kontak tidak terlalu banyak kontak dengan air secara langsung.

Sangat tidak disarankan memakai lensa kontak sambil tidur. Hal ini karena saat menutup mata atau tertidur, bola mata kita akan cenderung bergerak. Dengan begitu, posisi lensa kontak pun sulit diprediksi.

Belum lagi karena ketika mata tertutup, jumlah oksigen di mata akan menipis. Akibatnya, permukaan mata rentan terkena infeksi. Kalau kamu masih memakainya ketika tidur, bisa dibayangkan dong bahaya yang mengancam seperti apa.

Simpan selalu lensa kontak yang tidak digunakan dalam wadah khusus. Bersihkan wadah tersebut secara berkala. Jika sudah tiga bulan, sebaiknya wadah lensa kontak dibuang untuk menghindari kontaminasi dengan mikroba.

 

Manfaat Storytelling

Berkenalan Lebih Jauh dengan Manfaat Storytelling

jenis kopi kekinian

8 Jenis Kopi Kekinian Ini Punya Komposisi Berbeda