in

Pentingnya Membersihkan Handphone Secara Rutin

jangan lupa sering bersihkan barang yang sering kamu pegang

membersihkan handphone
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Saat ini salah satu benda yang sering kita pegang dan sentuh adalah handphone. Tak heran saat ini handphone atau hape menjadi benda yang bisa dijadikan oleh berbagai macam bakteri dan kuman untuk berpindah tempat. Oleh karena itu, meskipun masih sedikit orang yang menyadari, membersihkan handphone sudah seharusnya menjadi hal rutin yang harus kamu lakukan.

Jumlah kuman dalam handphone memang bukan menjadi masalah utama. Namun, tetap saja jika tidak dibersihkan dalam waktu yang cukup lama, jumlah bakteri tersebut akan terakumulasi. Setelah memegang hape lantas kamu makan tanpa cuci tangan, sudah pasti hal tersebut dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit yang tidak kamu sadari. Oleh karena itu, ayo biasakan dari sekarang untuk membersihkan hape.

Langkah untuk membersihkan hape sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Yang terpenting, kamu tidak malas untuk meluangkan waktu kurang dari lima menit untuk membersihkannya.

Bahan-bahan yang kamu perlukan adalah kain lap bersih tanpa serat seperti lap kaca mata. Jangan gunakan tisu karena tisu bisa menggoreskan layar ponsel dan jika basah akan meninggalkan beberapa potongan tisu yang akan menambah beban kamu saat membersihkan hape. Sediakan juga cotton bud dan air bersih siap minum. Jangan gunakan air keran karena akan meninggalkan lapisan film di permukaan layar ponsel kamu.

Gunakan juga alkohol untuk membersihkan tombol dan beberapa bagian lain seperti bagian bagian belakang ponsel. Alkohol juga membantu kamu untuk memastikan kamu sudah membersihkannya dengan benar.

Langkah pertama untuk membersihkannya adalah melepas aksesoris yang menempel pada hape, seperti casing tambahan. Kamu juga bisa melepas screen protector yang menempel pada layar jika memang pembersihan dilakukan sekaligus untuk mengganti screen protector. Bersihkan sela-sela hape yang sulit dijangkau dengan cotton bud yang sudah dibasahi alkohol, pastikan jangan sampai alkohol masuk ke sela-sela hape.

Selanjutnya, bersihkan seluruh badan ponsel menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan alkohol. Ingat, jangan menggosoknya terlalu keras dan jangan biarkan sisa alkohol masuk ke sela-sela hape. Jika kamu menggunakan hape yang terbuat dari besi, gunakan cotton bud yang sudah dibasahi air bersih.

Gunakan cotton bud yang sudah dicelupkan ke dalam air bersih untuk membersihkan lensa kamera dan flash. Bersihkan dengan gerakan memutar. Setelah itu, keringkan lensa agar tidak meninggalkan bekas air. Untuk casing jangan lupa dibersihkan dengan cara dilap menggunakan kain lap yang sudah dibasahi alkohol. Setelah kering, hape kamu sudah bisa digunakan  kembali

olahraga

Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Social Distancing

buah kaya vitamin c

Ayo, Konsumsi 7 Buah Kaya Vitamin C Ini!