in

Penuh Duka, Ini Fakta Kebakaran Hutan Amazon

Semoga lekas membaik, hutan terluas di dunia.

kebakakaran Hutan Amazon
Foto: instagram alarabiya

Ngobrolin.id — Kebakaran hebat melanda Hutan Amazon. Sebagai hutan hujan terbesar di dunia, kebakakaran Hutan Amazon jelas merupakan bencana yang sangat disayangkan. Selain dampaknya yang memengaruhi udara dunia, kebakaran hutan tersebut dinilai jauh lebih dahsyat ketimbang tahun lalu.

Data yang diperoleh dari Institut Nasional untuk Riset Ruang (INPE) menunjukkan adanya peningkatan yang cukup besar terhadap kebakaran yang terjadi. INPE sendiri merupakan pusat penelitan luar angkasa yang dimiliki oleh Brazil.

Jika dibandingkan dengan 2018, telah terjadi peningkatan kebakaran hutan sebanyak 84 persen. Angka ini didapatkan dari luasan banyaknya kejadian kebakaran hutan. Pada 2018, jumlah titik kebakaran hutan mencapai 40 ribu titik. Jumlah ini sudah menurun dibanding 2016 yang merupakan tahun terbanyak terjadi kebakaran hutan di Amazon, yakni mencapai 68 ribu kejadian kebakaran.

Kota terparah yang menerima dampak kebakaran hutan ini adalah Sao Paulo, Brazil. Di kota tersebut, kabut asap berwarna hitam menutupi udara kota terhitung mulai Senin (19/8). Kabut asap yang terjadi selama satu jam menggelapkan kota pada siang hari. Padahal, jarak Kota Sao Paulo dengan lokasi kebakaran lebih dari 2.700 kilometer.

Tak hanya melumpuhkan aktivitas manusia, kebakaran hutan ini juga menimbulkan banyak dampak buruk bagi kehidupan satwa yang bernaung di dalamnya. Setidaknya, hutan hujan Amazon telah menjadi rumah bagi lebih dari tiga juta spesies hewan dan tumbuhan. Begitu pula dengan penduduk asli daerah tersebut yang berjumlah satu juta manusia.

Banyak hewan yang ditemukan mati terpanggang. Begitu pula dengan hewan-hewan yang cacat akibat tersulut api. Belum terhitung kerusakan hutan akibat pohon-pohon yang terbakar dan lepasnya zat polusi ke udara.

Adanya kebakaran tersebut dipicu oleh pembukaan lahan yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Setiap memasuki musim kemarau, kawasan Hutan Amazon selalu menjadi sasaran pembakaran dan penggundulan hutan. Tujuannya adalah pembebasan lahan untuk menggembala ternak.

Citra satelit menunjukkan tingkat keparahan kebakaran hutan semakin bertambah setiap harinya. Negara bagian yang terletak di sisi utara Brazil, Roraima, tampak tertutup asap pekat. Wilayah ini pun sudah masuk status darurat terhitung sejak Jumat (9/8). Tak hanya Roraima, daerah Manaus juga sudah masuk daftar tersebut.

asinan bogor

Kunjungi 6 Depot Asinan Bogor di Kota Hujan

idol group MYTEEN

Resmi Bubar, MYTEEN Sisakan Kesedihan Penggemar