in

Penuhi Kebutuhan Vitamin D dari Makanan Ini

kebutuhan vitamin D
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Selama ini, sinar matahari telah menyediakan kebutuhan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh kita. Tubuh akan memproduksi vitamin D saat terpapar sinar matahari. Akan tetapi, terlalu banyak berjemur juga tidak baik karena sinar matahari juga mengandung sinar ultaviolet. Solusinya bisa kamu dapatkan dengan memenuhi kebutuhan vitamin D dari makanan ini.

Seafood

Berbagai jenis makanan laut seperti ikan salmon, ikan tuna, udang, dan tiram merupakan makanan dengan sumber vitamin D. Setiap harinya, tubuh membutuhkan 600 IU vitamin D agar terhindar dari permasalahan tulang dan gigi. Konsumsi berbagai makanan laut dan olahannya mampu membantu memenuhi kebutuhan harian tersebut.

Ikan salmon seberat 100 gram memiliki kandungan vitamin D hingga 1.400 IU. Tiram atau oyster memiliki kandungan vitamin D sebesar 272 IU tiap 86 gramnya. Selain vitamin D, tiram juga mengandung zink dalam jumlah yang tinggi.

Telur

Telur, khususnya bagian kuning telur, mengandung banyak vitamin D. Satu butir telur seberat 50 gram atau ukuran sedang, mengandung kadar vitamin D sebanyak 44 IU. Hal itu setara dengan 17 persen kebutuhan vitamin D harian.

Kedelai dan olahannya

Sudah bukan rahasia bila kedelai mengandung vitamin D. Terlebih vitamin ini tidak larut air, olahan kedelai pun masih banyak mengandung vitamin yang baik untuk tulang dan gigi ini.

Berbagai produk olahan kedelai pun kaya vitamin D. Contohnya tahu, tempe, sari kedelai, dan olahan lainnya. Tahu yang memiliki berat 100 miligram memiliki total 157 IU vitamin D.

Susu dan olahannya

Tanpa tambahan dan fortifikasi, susu sudah mengandung vitamin D yang baik untuk tubuh. Berbagai produk olahannya juga direkomendasikan untuk dikonsumsi. Produk tersebut antara lain keju, yoghurt, dan produk yang diolah dengan menambahkan susu.

Jamur

Jamur yang terpapar sinar matahari bisa memproduksi vitamin D, lho. Selain vitamin D, jamur juga mengandung vitamin B5 dan tembaga yang diperlukan tubuh. Jamur seberat 100 miligram, terdapat vitamin D sebanyak 446 IU.

Minyak ikan kod

Satu sendok teh minyak ikan kod dapat mengandung vitamin D sebanyak 500 IU. Kandungan vitamin D yang sangat tinggi ini baik dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa.

buah-buahan bagus buat kulit

5 Buah ini Bagus Buat Kulitmu, Girls!

anak mengalami gangguan tidur

Lakukan Ini Jika Anak Mengalami Gangguan Tidur