in ,

Penyakit Kulit pada Anak, Ini Gejala dan Pengobatannya

Bisa jadi, gejala yang berbeda butuh metode pengobatan yang berbeda

penyakit kulit pada anak
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Indikasi penyakit kulit pada anak salah satunya bisa terlihat dengan munculnya ruam. Ruam ini jika tidak segera sembuh, patut diduga merupakan salah satu penyakit kulit, lho. Bunda bisa memeriksakannya ke dokter untuk mencari tahu penyakit yang diderita si kecil. Yuk, simak jenis penyakit yang mungkin diderita anak.

Gatal dan bengkak

Bercak atau benjolan berwarna merah dan gatal di sekitar kulit biasanya tidak akan berlangsung lama. Penyakit ini hanya akan muncul sebentar dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, angioderma bisa saja menyerang si kecil, lho. Penyakit ini menyerang jaringan di bawah kulit. Biasanya, angioderma menyerang bibir, kelopak mata, hingga alat kelamin.

Gatal dan angioderma bisa dipicu oleh gigitan serangga, infeksi virus, antibiotik, atau getah tanaman. Selain itu, perhatikan juga asupan si kecil untuk mencari tahu alergi yang ia derita.

Dermatitis kontak

Ciri-ciri si kecil terserang dermatitis kontak adalah adanya ruam pada kulit, gatal, dan kulit yang terlihat kering dan bersisik. Dermatitis kontak bisa terjadi karena kulit kontak langsung dengan zat pemicu alergi.

Ada banyak yang menyebabkan alergi. Bisa jadi, hal tersebut disebabkan oleh sabun yang digunakan untuk mandi. Deterjen juga bisa jadi pemicu dermatitis kontak. Selain itu, serbuk sari, debu, hingga bulu hewan juga bisa menyebabkan si kecil menjadi tidak nyaman.

Bahan-bahan lain yang juga bisa menyebabkannya alergi adalah parfum dan kosmetik yang bisa jadi digunakan oleh orang lain. Obat-obatan seperti obat kumur, obat kulit, dan juga logam juga bisa memicu penyakit ini menyerang anak-anak.

Eksim

Penyakit eksim diderita oleh kurang lebih 10 persen anak-anak di berbagai belahan dunia. Penyebabnya pun beragam. Oleh karena itu, penderita eksim pun bisa terserang melalui banyak cara yakni makanan, rhinitis, alergi atau memiliki riwayat asma.

Ruam di wajah atau kepala bisa jadi salah satu ciri anak dan bayi terserang eksim. Ruam ini akan menyebar dengan cepat ke bagian dada dan lengan. Eksim juga disertai gejala kulit kering dan menebal.

Penyebab penyakit yang satu ini belum bisa ditentukan secara pasti. Namun, penggunaan sabun mandi dan deterjen yang ramah untuk anak-anak bisa diusahakan untuk mengurangi risiko. Jangan lupa untuk memberikan anduk dan pakaian dengan bahan lembut kepada anak yang sudah terserang eksim, agar tidak semakin parah.

stik singkong keju

Stik Singkong Keju, Olahan Kekinian dari Singkong

musisi Hindia

Transformasi Baskara .Feast Menjadi Hindia