in

Penyakit Paru-paru yang Paling Umum Melanda

Hati-hati dan jaga kesehatan ya

penyakit paru-paru
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Organ tubuh yang satu ini sangat penting menjaga pasokan oksigen yang masuk ke tubuh kita. Ya, paru-paru adalah organ vital tubuh yang punya peran sangat penting dalam menjaga kebugaran dan kesehatan. Faktanya, masih banyak pengidap penyakit paru-paru di seluruh penjuru dunia. Berikut ini beberapa jenis penyakit paru-paru yang paling banyak diderita oleh manusia.

Pneunomia

Penyakit paru-paru ini adalah seuatu peradangan yang terjadi di kantong udara, baik salah satu maupun kedua bagian paru-paru. Peradangan ini terjadi karena adanya cairan dalam kantong tersebut. Cairan ini bahkan dapat berupa nanah, lho.

Pneunomia menyerang segala usia, mulai dari anak-anak hingga lansia. Ciri dan gejala pneunomia dapat dikenali dengan batuk, sulit bernapas, jantung berdebar tidak wajar, demam, keringat dan menggigil, serta nafsu makan berkurang dan nyeri dada. Untungnya, kini pneunomia dapat dicegah dengan vaksinasi.

Tuberkulosis

Sama seperti pneunomia, tuberkulosis atau TBC juga disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi manusia. Penularannya dapat terjadi melalui batuk atau bersin oleh penderita kepada orang yang masih sehat.

Diagnosis awal penyakit TBC dapat meningkatkan penyembuhan. Walaupun dapat dicegah dan diobati, ada jenis TBC yang tidak bisa diobati karena resisten dan kebal terhadap jenis obat yang kini sudah tersedia.

Kanker paru-paru

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di seluruh dunia. Jenis kanker sangat beragam. Salah satu yang paling banyak mengincar nyawa adalah kanker paru-paru. Kanker ini banyak diidap oleh para perokok, terutama perokok aktif.

Gejala awal kanker paru-paru adalah batuk yang tidak sembuh. Selain itu, akan terasa nyeri saat batuk atau bernapas, sulit bernapas, mudah lelah, nafsu makan berkurang, dan batuk darah. Kebanyakan kasus kanker paru-paru terjadi di negara berkembang.

Asma

Asma dapat terjadi ketika saluran udara meradang, menyempit, ataupun membengkak. Hal tersebut mengakibatkan produksi lendir berlebih. Akibatnya, penderita asma jadi lebih sulit untuk bernapas.

Asma ringan ataupun asma akut sama-sama menyulitkan aktivitas seseorang. Asma menyebabkan seseorang mengi, susah bernapas, batuk, dan sebagainya. Pemicu asma sangat beragam, baik asap, debu, polusi, maupun diwariskan secara genetik.

mempercepat promosi jabatan

Ingin Cepat Promosi Jabatan? Boost dengan Cara-cara Ini

Tips Membuat Video Kuliner yang Bikin Ngiler Viewer