in

Penyebab Hilangnya Nafsu Makan, Harus Tetap Jaga Kesehatan!

Cari tahu sebabnya untuk kembalikan nafsu makan yang hilang

Kehilangan nafsu makan
Foto: freepik

Ngobrolin.id Kehilangan nafsu makan bukanlah hal yang asing bagi sebagian orang. Penyebabnya pun sangat beragam. Hingga kini, setidaknya ada beberapa penyebab hilangnya nafsu makan yang paling sering dialami. Kalau kamu yang mana?

Hormon tidak seimbang

Hormon yang tidak seimbang dapat menurunkan nafsu makan seseorang. Misalnya, hipertiroidisme adalah kelainan pada endokrin karena kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon. Pada perempuan, hipertiroidisme juga disertai gejala lain seperti menstruasi tidak teratur, peningkatan frekuensi BAB, dan peningkatan keringat tubuh.

Anemia

Penderita anemia akan mengalami kelelahan yang berarti karena sulit mendapatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh. Salah satu gejala anemia adalah kehilagan nafsu makan. Penyakit akibat kekurangan zat besi ini juga dapat mengakibatkan gejala lain seperti kesulitan berkonsentrasi, rambut rontok, dan lain-lain.

Stres dan depresi

Stres yang dialami oleh seseorang dapat memicu produksi hormon kortisol. Hormon ini bekerja sama dengan corticothropin releasing factori dalam mengurangi nafsu makan serta menekan sistem pencernaan. Kortisol juga meningkatkan asam lambung sehingga menciptakan sensasi kenyang di perut.

Tak hanya stres biasa, gangguan mental seperti depresi juga dapat mengakibatkan seseorang kehilangan nafsu makan. Depresi tak hanya menyebabkan nafsu makan menurun, tapi juga menyebabkan kelelahan dan kesedihan berlebihan. Namun, ada pula jenis depresi yang justru membuat pengidapnya menjadikan makan sebagai pelarian.

Hepatitis A

Penyakit hepatitis A juga menjadi salah satu penyebab seseorang kehilangan nafsu makan. Ciri hepatitis A antara lain merasa lelah yang luar biasa, mengalami penurunan nafsu makan, mual, dan muntah.

Jika tidak segera diobati, penyakit hepatitis A dapat semakin parah. Ciri gejala penyakit ini mulai kronis adalah urine berwarna gelap, bagian putih mata yang berubah warna menjadi kuning, kulit timbul sensasi gatal, dan sakit di bagian kanan atas perut. Gejala ini juga disertai dengan batuk, pilek, dan sakit tenggorokan.

Masalah pencernaan

Tak melulu penyakit kronis, kehilangan nafsu makanan juga bisa disebabkan oleh gangguan pencernaan. Sembelit, gangguan asam lambung, dan gangguan lambung dapat menjadi penyebab hal ini.

Selain itu, jika gejala ini diikuti dengan penurunan sistem imun, kehilangan nafsu makan bisa disebabkan oleh divertikulitis. Rasa sakit terjadi di bagian perut bagian kiri bawah karena adanya infeksi pada kantung saluran pencernaan.

memotong anggaran

Langkah Sederhana Memotong Anggaran Hingga Hemat

jajanan lokal Bali

Jajanan Lokal Bali, Wajib Coba Saat Kunjungi Pulau Dewata