in ,

Penyebab Rambut Rontok Lebih Intens Saat Musim Panas

rambut rontok semakin intens saat musim panas

rambut rontok
foto: pixabay

Ngobrolin.idRambut rontok menjadi masalah yang cukup menyusahkan karena sampah rambut yang berserakan di ubin pasti membuat keki. Kamu harus lebih sering menyapu lantai atau membersihkan saluran air di kamar mandi untuk membersihkan helai rambut. Sebagian orang kerap mengalami rambut rontok ketika sudah memasuki musim panas atau saat mengalami pergantian musim yang cukup ekstrem.

Apa benar kerontokan tersebut memang disebabkan oleh kondisi cuaca atau memang ada kesalahan yang tidak disengaja?

Ternyata, kerontokan rambut akibat perubahan musim sudah pernah dibahas secara spesifik dalam penelitian yang dipublikasikan secara online di British Journal of Dermatology. Penelitian tersebut dilakukan oleh peneliti yang berasal dari John Hopkins University School of Medicine di Maryland. Penelitian dilakukan dengan mengukur pola pencarian ‘rambut rontok’ di mesin pencarian Google.

Penelitian tersebut menyimpulkan pada Januari 2004 hingga Oktober 2016, pencarian rambut rontok di 8 negara mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Delapan negara yang menjadi sampling penelitian berasal dari dua belahan bumi yang berbeda. Negara-negara tersebut memiliki musim panas yang diikuti musim gugur.

Penelitian lainnya menunjukkan kulit kepala berperan penting untuk melindungi kepala dari teriknya panas sinar matahari. Di penghujung musim panas hingga musim gugur mengalami kondisi  suhu lebih rendah dan intensitas sinar matahari, hal tersebut membuat rambut menjadi lebih mudah rontok.

Kesimpulannya, kerontokan pada pergantian musim merupakan kejadian yang wajar. Menurut American Academy of Dermatology kehilangan antara 5 sampai 100 helai rambut dalam sehari adalah hal yang normal. Kerontokan tersebut bisa dialami oleh semua gender, baik wanita maupun pria. Jadi, kamu tidak perlu khawatir berlebihan atau kamu bisa memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Untuk mencegah kerontokan semakin parah, kamu harus melakukan perawatan rambut dengan benar. Misalnya, menggunakan conditioner atau vitamin rambut yang tepat dengan kondisi kulit kepala, kurangi intensitas waktu mengikat rambut, tingkatkan nutrisi zat besi, protein, dan lemak sehat yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, kurangi penggunaan alat penata rambut serta jaga kesehatan kulit kepala, pastikan tidak ada folikel yang tersumbat kotoran.

 

bird box

Bird Box, Dilarang Melihat!

assalamualaikum calon imam

Rekomendasi Film Seri: Assalamualaikum Calon Imam