in

Penyebab Uban Muncul di Usia Muda

jangan khawatir, ini wajar kok!

penyebab uban
foto: pexels

Ngobrolin.id — Rambut uban bisa muncul saat kamu masih muda, misalnya berusia 20 tahun. Biasanya, rambut uban yang muncul hanya beberapa helai, bahkan bisa hanya satu helai. Gak usah panik karena kejadian tersebut sebenarnya cukup wajar terjadi. Penyebab uban muncul di usia muda sebenarnya ada banyak. Namun, penyebab utamanya adalah faktor genetik.

Folikel di rambut yang berisi sel pigmen akan memproduksi melanin yang memberikan warna pada rambut. Melanin tersebut akan memproduksi kelembapan alami sehingga ketika produksi melanin di dalam rambut berkurang, kelembapan rambut, serta warnanya juga akan berkurang. Oleh karena itu, rambut akan terlihat berwarna kemerahan dan akhirnya berwarna putih.

Rambut yang kekurangan nutrisi juga bisa menjadi penyebab uban muncul. Rambut membutuhkan nutrisi seperti vitamin B6, B12, D, dan E. Rambut yang mengalami defisit vitamin D, B12, akan mengalami perubahan warna menjadi putih.

Keturunan ras dan etnis juga memengaruhi kemunculan uban rambut. Biasanya, orang ras kulit putih akan mengalami perubahan warna rambut setelah berusia 35 tahun. Sementara, orang Amerika-Afrika baru akan mengalami kemunculan uban ketika sudah berumur 40-an. Dan, orang Asia biasanya akan mengalami kemunculan uban lebih cepat, yakni di umur 30-an.

Kondisi stres yang menyebabkan ketidakseimbangan di dalam tubuh juga memicu munculnya uban. Hal ini dikarenakan antioksidan di dalam tubuh tidak bisa bekerja secara optimal dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul berbahaya di dalam tubuh yang bisa membuat penuaan lebih dini dan penyakit.

Selain itu, ketika kamu stres, sel-sel di dalam tubuh yang dapat memberikan warna pada rambut akan terkuras sehingga rambut menjadi beruban. Stres bisa menjadi salah satu faktor kecil yang sangat jarang disadari.

Rambut beruban juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok yang sudah berlangsung sejak lama. Perokok dengan intensitas tinggi biasanya sudah memiliki uban prematur, sebelum berusia 30 tahun.

Terlalu sering menggunakan zat pewarna pada rambut juga bisa menyebabkan uban muncul lebih awal. Sebaiknya, gunakan pewarna rambut dengan kandungan bebas bahan kimia agar lebih aman untuk kesehatan rambut.

Uban prematur yang sudah tumbuh tidak bisa diapa-apakan, Anda hanya bisa menutupi warnanya dengan pewarna rambut agar rambut terlihat lebih indah

game virtual reality

Cara Mengatasi “Mabuk” Setelah Bermain Game Virtual Reality

tampon

Tampon dan Pembalut, Apa Bedanya?