in

Peran Penting Bakteri untuk Jadikan Kulit Lebih Sehat

kulit lebih sehat
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Memiliki pengetahuan yang luas adalah hal penting yang harus dimiliki setiap orang. Namun faktanya, masih banyak hal yang belum kita ketahui. Tahukah kamu? Ternyata ada jutaan bakteri yang bersarang di dalam kulit, lho. Eits, tapi kamu jangan panik dulu, sebab peran penting bakteri tersebut ternyata bisa jadikan kulit lebih sehat. Bagaimana bisa?

kulit lebih sehat
Foto: Pixabay

Nah, selama ini kita berjuang mati-matian untuk menjaga kebersihan kulit agar tidak ada kotoran dan bakteri yang bersarang dan menimbulkan masalah kulit. Kulit memiliki mikro-organisme yang disebut microbiome. Jangan panik dulu ya, ketahuilah bahwa microbiome tersebut justru berperan menjaga kulit tetap terhidrasi dan glowing.

Dilansir dari laman InStyle, microbiome merupakan segerombolan mikro-organisme hidup yang sebagian besar merupakan bakteri. Namun, juga terdiri atas jamur, virus, serta tungau. Mereka bertugas menjaga dan membuat barrier pada kulit tetap berfungsi.

Microbiome akan membuat kulit lebih baik, selama kadarnya seimbang. Jika sedang tidak berada dalam keseimbangan, hal seperti jerawat, peradangan kulit, dan iritasi bisa terjadi.

Jadi, kulit yang sehat bukanlah bebas bakteri, tapi justru memiliki kadar bakteri (microbiome) yang seimbang. Hindari menggosok terlalu keras, menggunakan pembersih wajah yang kasar, dan waxing karena hal tersebut bisa merusak microbiome.

Disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang tidak mengandung sabun dan sulfat agar microbiome tetap seimbang.

resep minuman es untuk buka puasa

3 Resep Minuman Es untuk Buka Puasa

cara mengatasi kecanduan media sosial

3 Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial