in

Perbaiki Pola Hidup agar Tidak Terkena Kolesterol di Usia Muda

Ayo hidup sehat dimulai dari masih muda

kolesterol di usia muda
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Gaya hidup merupakan hal dominan yang memengaruhi kualitas kesehatan di masa yang akan datang dan bahkan di masa sekarang. Saat ini, tak hanya orangtua yang rentan terkena penyakit kolesterol. Sudah banyak anak muda yang terkena kolesterol di usia muda akibat pola makan yang tidak sehat.

Jangan sampai kamu terkena kolesterol baru mengobatinya. Karena percayalah, rasanya akan sakit dan malu. Pergerakan tubuh kamu jadi terbatas dan aktivitas jadi terganggu. Terlebih lagi, saat gejala-gejala kolesterol kamu abaikan. Kolesterol yang menumpuk dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Oleh karena itu, yuk perbaiki pola hidup agar tidak terserang kolesterol di usia muda.

Pola makan

Saat ini lebih mudah mendapatkan makanan siap saji ketimbang mengolah sendiri. Salah satu komposisi yang paling berpeluang menyebabkan kolesterol adalah lemak jahat. Sebaiknya kurangi makanan yang digoreng dengan minyak yang sudah dipakai berulang-ulang dan produk hewan berlemak tinggi.

Gaya hidup

Para perokok lebih rentan terkena kolesterol karena kandungan tar dan nikotin di dalam rokok mampu merusak pembuluh darah. Kandungan tersebut dapat langsung menaikkan kadar LDL (low density lipoprotein). Bahkan, jika dibiarkan tanpa pengobatan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius, yaitu kardiovaskular. Gaya hidup lainnya yang dapat memengaruhi kolesterol adalah kurangnya olahraga untuk membakar energi yang menumpuk.

Diet rendah lemak

Jika sudah terkena kolesterol, sebaiknya lakukan diet rendah lemak dan jaga pola makan. Perbanyak konsumsi serat yang berasal dari sayuran dan buah. Selain itu, rajin mengonsumsi jenis kacang-kacanganan. Dengan rajin makan ikan, juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, seperti salmon, makerel, lele, dan beberapa jenis ikan lainnya.

Mulailah rajin berolahraga. Selain mampu menurunkan kadar kolesterol, berolahraga juga mampu menjaga kesehatan organ-organ tubuh lainnya dan menghindari kamu dari risiko obesitas.

membuka ponsel

Waktu yang Kurang Tepat untuk Membuka Ponsel

burnout

Kenali Burnout yang Sering Dialami Pekerja