in , ,

Perbedaan antara Buzzer dan Influencer di Media Sosial

sama-sama pelaku yang bermain di media sosial

perbedaan buzzer
foto : pixabay

Ngobrolin.id — Istilah buzzer dan influencer sudah tidak asing di zaman serba digital, bahkan kedua istilah tersebut sudah menjadi sumber mata pencaharian. Meskipun sama-sama ada di media sosial, nyatanya buzzer dan influencer memilki perbedaan, lho. Perbedaan buzzer dan influencer yang paling mencolok adalah cara kerja mereka.

Buzzer berasal dari bahasa Inggris ‘buzz’ yang artinya dengung. Jadi, buzzer bisa diartikan sebagai pendengung di media sosial. Sementara, influencer berasal dari kata ‘influence’ yang artinya ‘pengaruh’. Jadi, influencer bisa diartikan sebagai pemberi pengaruh di media sosial.

Meskipun tujuannya sama-sama memberikan pengaruh kepada warganet, buzzer baru akan bekerja jika ia diberikan instruksi oleh pemberi perintah dengan format yang sudah ditentukan, seperti menyampaikan pernyataan pada isu politik. Sementara, influencer merupakan pihak independen yang bekerja sendiri meskipun tidak ada instruksi khusus.

Perbedaan buzzer dan influencer yang bisa lebih mudah diidentifikasi adalah profil akun media sosial mereka. Selain itu, buzzer biasanya menggunakan akun-akun palsu dengan nama samaran dan kadang disertai foto profil yang kadang hanya gambar pemandangan atau tokoh kartun. Pihak perekrut buzzer tidak memedulikan identitas asli buzzer. Yang terpenting, instruksi yang diberikan kepada para buzzer bisa viral di seluruh platform media sosial.

Influencer biasanya disematkan ke para public figure yang sudah terkenal karena prestasi di bidangnya. Misalnya, entrepreneur, aktris, musisi, content creator, seniman, dan masih banyak lagi.

Influencer memiliki banyak pengikut yang memang menyukai mereka. Nah, banyaknya followers tersebut membuat influencer memiliki pengaruh yang kuat. Influencer juga sering diajak kerja sama oleh pemberi pesan agar pesannya bisa tersebar lebih luas lagi.

Terkadang, pesan yang disampaikan oleh influencer lebih ampuh diterima oleh warganet dibanding pesan yang disebarkan oleh buzzer. Hal ini karena adanya faktor kepercayaan. Oleh karena itu, tak heran bayaran influencer menyampaikan pesan jauh lebih tinggi daripada buzzer.

Untuk satu kali unggah, influencer bisa menerima bayaran hingga jutaan rupiah. Sementara, bayaran yang diterima buzzer jauh dari jumlah tersebut dan kontraknya lebih lama.

 

 

Lyra Antarctica

Lyra Antarctica Sheeran Seaborn, Anak Pertama Ed Sheeran Sudah Lahir!

lagu the overtunes

Lagu The Overtunes yang Wajib Ada di Playlist