in ,

Perbedaan antara Nikah dan Kawin

siapa yang masih suka berdebat dengan kedua kata ini?

nikah dan kawin
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Saat adanya resepsi pernikahan, banyak orang Indonesia yang masih suka menyebutnya sebagai kawinan ataupun nikahan. Perdebatan tersebut kadang menjadi topik yang tidak berkesudahan dan akan terus diulang-ulang kembali ketika ada resepsi. Perbedaan yang mencolok antara nikah dan kawin adalah konotasinya, terkadang kawin sering dikonotasikan pada hal yang sedikit negatif.

Buat yang sudah dewasa pasti sering menggunakan kata-kata ini sebagai bahan bercandaan. Pasalnya, nikah dan kawin seperti saudara kembar dengan sifat yang berbeda.

Kawin seringkali bermakna lebih negatif dibanding nikah karena kawin lebih sering digunakan utnuk menggambarkan hubungan biologis antara laki-laki dan perempuan. Sementara, nikah digunakan untuk menggambarkan upacara resmi saat sepasang mempelai pengantin mengucap janji suci.

Sebelum membahas lebih lanjut makna nikah dan kawin yang berkembang di tengah masyarakat, mari kita bahas artinya berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Nikah adalah ikatan (akad) perkawinan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum dan ajaran agama.

Sementara, kawin adalah membentuk keluarga dengan lawan jenis, bersuami atau beristri. Kawin juga disebut sebagai kata kerja dari melakukan hubungan kelamin untuk hewan dan kata kerja ragam cakapan untuk bersetubuh.

Jika merujuk pada arti di KBBI, pernikahan merupakan hubungan yang sah di mata agama dan negara, sedangkan kawin merupakan kata kerja dari memboyong atau hubungan antara dua orang untuk membentuk keluarga. Nikah juga berhubungan dengan hal-hal resmi seperti surat yang diterbitkan oleh pihak berwenang.

Dilansir dari mojok.co, nikah berasal dari bahasa Arab, diambil dari kata benda an nukh yang memiliki kata kerja nakaha yang berarti berkumpul, berhimpun, atau menyetubuhi. Sementara, kata kawin berasal dari bahasa Jawa kuno, yakni hawin atau awin yang berarti membawa atau memboyong. Seiring berjalannya waktu, kata awin mendapatkan imbuhan ka menjadi kawin yang artinya dibawa atau diboyong. Kata-kata tersebut diyakini sebagai asal-muasal kata kawin.

Jadi, sudah paham kan bedanya arti nikah dan kawin, jangan jadi perdebatan lagi pas resepsi. Nanti kamu malah gak kebagian zuppa soup sama kambing guling, lho!

 

 

 

 

gorengan sehat

Tips Mudah Membuat Gorengan Menjadi Lebih Sehat

love bombing

Love Bombing, Manis di Awal Pahit di Akhir