in

Perhatikan Tips Makan Ibu Hamil Ini Ya

makan ibu hamil
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Menjadi bumil alias ibu hamil memang menyenangkan. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu perhatian ekstra, salah satunya adalah pola makan ibu hamil. Sebab, nutrisi yang masuk ke tubuh tidak hanya akan berdampak ke diri sendiri tapi juga ke calon bayi.

Ada beberapa tips makan yang harus bumil perhatikan, ya.

Jangan diet selama hamil

Diet berarti membatasi nutrisi yang masuk ke tubuh. Sementara di sisi lain, calon bayi butuh banyak nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Tidak usah khawatir akan bentuk tubuh, yang penting kondisi janin sehat dan aman.

Hindari rokok dan minuman beralkohol

Setidaknya selama hamil, hindari rokok dan berbagai minuman yang mengandung alkohol, ya, Moms. Saran ini juga berlaku pada fase menyusui si bayi kelak agar kesehatannya prima.

Hindari makan berlebihan

Menghindari diet bukan berarti makan dalam porsi berlebihan ya. Tetap jaga asupan dan dianjurkan memperbanyak konsumsi makanan dengan nutrisi dan vitamin yang lebih banyak.

Hindari terlalu sering mengonsumsi junk food

Seperti yang sebelumnya, bumil sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi agar kebutuhan janin terpenuhi. Seringkali, junk food hanya mengandung sedikit gizi dan banyak kalori sehingga kurang baik untuk asupan janin.

Pilih makanan tanpa pengawet, perasa, dan pewarna

Bumil masih boleh, kok, mengonsumsi makanan dengan pengawet, perasa, dan pewarna. Tapi pilih yang alami, ya misal membuat saus tomat untuk pasta dengan warna merah dari buah tomat.

Makan secara teratur dan cukup

Makan secara teratur bertujuan kebutuhan makan janin terpenuhi dengan baik. Selain itu, dengan porsi yang cukup juga membuat ibu dan calon bayi terpenuhi kebutuhan gizinya. 

Perbanyak konsumsi buah dan sayur segar

Sebagai sumber gizi, vitamin, dan mineral yang baik, konsumsi buah dan sayur segar juga harus diperbanyak.

Cuci semua makanan yang hendak dikonsumsi

Bahan makanan sebelum dikonsumsi harus dicuci bersih, agar bakteri dan kuman tidak ikut terkonsumsi. Tujuannya, ibu dan calon bayi tidak gampang sakit.

Konsumsi semua makanan yang dimasak dengan matang

Terkadang ada mikroba yang hanya bisa dimusnahkan dengan perlakukan panas seperti memasak bahan makanan. Oleh karena itu, masak semua bahan makanan hingga matang sempurna.

Jaga kebersihan dapur, peralatan masak, dan peralatan makan

Kebersihan dapur, peralatan masak, dan peralatan makan harus terjamin sehingga bibit penyakit tidak ikut masuk ke tubuh.

Pilih makanan laut yang berasal dari laut yang tidak tercemar

Kandungan pencemar pada seafood bisa jadi sangat tinggi dan berbahaya bagi tumbuh kembang calon bayi. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari makanan laut yang tercemar.

Minum air minimal delapan gelas per hari

Salah satu pemenuhan kebutuhan asupan air dalam tubuh, bumil sebaiknya minum air delapan gelas per hari.

Hindari makanan yang memiliki kadar garam tinggi

Konsumsi makanan dengan kandungan kalium yang seimbang agar viskositas cairan dalam tubuh tetap terjaga

Perbanyak makanan yang berserat tinggi

Perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Salah satu manfaatnya adalah baik untuk pencernaan bumil.

Buat menu makanan yang bervariasi

Agar tidak mudah bosan karena harus banyak mengonsumsi makanan tinggi nutrisi, buatlah variasi menu makanan.

nasi tim

Menu Nasi Tim untuk Anak 12 Bulan

aplikasi pengelola keungan

Catat Pengeluaranmu di Aplikasi Pengelola Keuangan Ini