in ,

Perjalanan Karier Mpok Omas di Dunia Entertainment

Salah satu seniman Betawi yang berbakat

mpok omas
foto: merdeka.com

Ngobrolin.id — Kabar duka datang dari salah satu seniman yang sudah sangat terkenal di Indonesia, Mpok Omas atau Omaswati meninggal dunia di usia 54 tahun. Omas yang terkenal sebagai pelawak dan pemain lenong sudah mulai berkiprah di dunia entertainment sejak 1990-an.

Setelah menginjak usia 52 tahun, Omas sudah tidak lagi menerima tawaran bermain sinteron yang kejar tayang. Pertimbangan tersebut juga karena ia ingin fokus mengurus keluarga tercintanya.

Mpok Omas merupakan pelawak yang sudah bermain seni peran sejak era ‘90-an. Gaya bicara yang sangat kental dengan logat Betawi menjadi ciri khas dirinya sehingga mudah dikenali oleh penonton. Bukan suatu perkara yang mudah bagi Omas hingga bisa memiliki pencapaian sampai saat ini. Dedikasi serta kerja keras yang harus dilakukan oleh beliau dalam waktu yang tidak singkat.

Selain berakting, Omas juga mendirikan sanggar kesenian asli Betawi yang bernama Pangsi (Pelestarian Sanggar Seni Budaya Betawi) di Depok.

Perjalanan karier almarhumah Mpok Omas diawali sebagai pemain lenong hingga menjadi pemain sinteron. Berikut ini rangkuman perjalanan karier dari almarhumah Mpok Omas.

Pemain lenong

Omas memulai kariernya sebagai pemain di kesenian tradisional Betawi. Seni memang sudah menjadi ciri khas keluarganya. Dua saudaranya yang lain, Mandra dan Mastur juga berkecimpung di dunia hiburan. Mereka sudah terkenal sejak di lenong Betawi hingga sekarang sebagai pemain sinteron dan film.

Pemain acara lawak

Mpok Omas juga pandai melawak sehingga sering kali terlihat mengisi beberapa acara lawak di televisi. Gaya bicara yang ceplas-ceplos membuat dirinya disenangi oleh para penonton. Omas selalu bisa menghibur penonton dengan gayanya sendiri.

Pemain sinetron

Beberapa judul sinetron sudah dimainkan oleh Omas, di antaranya Jodoh Apa Bodoh, Insyaf Tajuk 1, Insyaf Tajuk 2, Matahariku, Upik Abu dan Laura, Cinta Fitri, Yang Muda Yang Bercinta, Pernikahan Dini, Anak-Anak Manusia, dan Fatih di Kampung Jawa.

Pemain sitkom

Karena kepiawaiannya menghibur penonton, Omas juga kerap menjadi bintang beberapa sitkom (komedi situasi), seperti Zahara Hantu Gaul yang disiarkan pada 2003 silam.

film layla majnun

Film Layla Majnun Segera Tayang

rekomendiasi stasiun radio

Rekomendasi Stasiun Radio untuk Menemani Macet di Jabodetabek