in

Perkantoran dan Pusat Perbelanjaan Wajib Menyediakan Parkir Khusus Sepeda

kini parkir khusus sepeda sudah mulai disediakan di Ibu Kota

parkir khusus sepeda
foto: pexels

Ngobrolin.id — Sejak pandemi, tren bersepeda kian meningkat. Banyak orang yang tertarik menggunakan sepeda untuk sekadar berolahraga atau alat transportasi sehari-hari. Menjelang PSBB transisi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewajibkan perkantoran dan pusat perbelanjaan di Jakarta menyediakan fasilitas parkir khusus sepeda.

Dilansir dari kompas.com, arahan fasilitas parkir khusus sepeda tertuang pada Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 yang kemudian diturunkan lagi lebih rinci dalam SK Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 105 Tahun 2020.

Tentu saja aturan tersebut bisa menjadi angin segar bagi para pengguna sepeda di Jakarta. Mereka tidak perlu khawatir lagi memarkir sepeda dengan aman ketika digunakan untuk pergi ke kantor atau ke pusat perbelanjaan.

Fasiltas parkir khusus sepeda wajib berada dekat dari pintu masuk utama gedung dan diberi tanda khusus parkir serta dilengkapi arah lokasi.

Selain itu, di tempat operator transportasi publik juga diwajibkan untuk memberikan fasilitas serupa dengan tanda khusus parkir sepeda. Operator transportasi publik yang dimaksud adalah halte Transjakarta, terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, dan bandar udara. Nantinya, fasilitas parkir akan disesuaikan dengan ketersediaan ruang masing-masing operator transportasi publik.

Fasilitas parkir yang tersedia untuk sepeda seluas 10 persen dari kapasitas parkir yang dimiliki oleh gedung.

Selama masa transisi, seluruh ruas jalan di Jakarta akan diutamakan untuk pejalan kaki dan pengguna transportasi sepeda sebagai sarana mobilitas.

Penyediaan fasilitas parkir sepeda diharapkan mampu meningkatkan pengguna sepeda di tengah pandemi untuk menempuh jarak yang masih mudah dijangkau. Dengan begitu, masyarakat akan terbiasa untuk melakukan aktivitas fisik di pagi hari dan mengurangi penggunaan bahan bakar.

Selain parkir, saat ini pemerintah juga sedang meningkatkan penggunaan jalur sepeda agar pesepeda bisa aman berkendara di Jakarta.

Nah, kamu harus ingat, jalur sepeda yang disediakan oleh pemerintah harus digunakan untuk terus berjalan, bukannya malah nongkrong-nongkrong di jalur sepeda dan akhirnya menimbulkan kerumunan.

prosopagnosia

Prosopagnosia, Ketidakmampuan Mengenal Wajah Seseorang

comic sans dibenci

Alasan Font Comic Sans Dibenci Banyak Orang