in ,

Perlu Dicoba Nih, 4 Aplikasi Kesehatan Mental

Mulai dari berkonsultasi sampai mengurangi stres dengan aplikasi-aplikasi ini.

aplikasi kesehatan mental
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Merasa terlalu cemas dengan kesehatan mental diri sendiri? Kini, kita bisa mengurangi rasa cemas itu dengan mudah, lho. Coba unduh aplikasi kesehatan mental ini di ponsel dan ikuti langkah-langkahnya. Yuk, kita buktikan!

Riliv

Aplikasi kesehatan mental bernama Riliv ini buatan anak bangsa, lho. Kamu bisa gunakan aplikasi ini untuk berkonsultasi masalah pribadi yang kamu alami kepada psikolog profesional atau para mahasiswa psikologi.

Ada 6 psikolog dan 50 mahasiswa psikologi yang tergabung jadi psikolog di aplikasi ini. Para mahasiswa ini berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Universitas Negeri Surabaya.

Untuk mendapatkan solusi, kamu bisa melanggan fitur premium yang disediakan oleh aplikasi ini. Jika ingin berkonsultasi lebih jauh dengan para psikolog juga bisa. Tapi tenang, kalau untuk berkonsultasi tentang masalah Riliv tidak memungut biaya alias gratis.

Pacifica—Stress & Anxiety

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk melacak aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan. Kamu bisa mengetahui apa saja yang bikin kamu cemas. Ada pula fitur audio yang bisa digunakan untuk merileksasikan pikiran.

Pasifica juga punya fitur daily challenge and goal tracking. Dengan fitur ini, kamu bisa membantu menghadapi kecemasan yang kamu miliki juga. Tertarik mencoba?

Self-help Anxiety Management

Aplikasi ini disingkat dengan SAM. SAM dibuat untuk membantu orang-orang mengelola kecemasan yang dialami. Pengguna bisa merekam tingkat kecemasan serta mencari tahu pemicu stres.

Ada 25 fitur pilihan yang bisa digunakan untuk membantu mengelola gejala kesehatan mental. Salah satunya melalui teknik pernapasan. Oh iya, aplikasi ini juga punya fitur cloud social yang memungkinkan pengguna berbagi pengalaman dengan pengguna SAM lainnya.

Fabulous: Self Care

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membuat fitur pengingat untuk kegiatan-kegiatan positif. Misalnya, pengingat untuk melakukan yoga, meditasi, dan lain sebagainya. Pengguna juga bakal dikenalkan dengan berbagai fitur lainnya. Salah satu fitur andalannya adalah bisa melacak kebiasaan dengan basis sains. Wow!

Itu tadi empat aplikasi kesehatan mental yang tim Ngobrolin.id rekomendasikan buat kamu. Kalau kamu merasa mengalami gangguan kesehatan mental, tidak ada salahnya kok menghubungi psikiater terdekat. Semoga sehat selalu, ya!

lokasi serial Game of Thrones

Ini Dia 7 Lokasi Serial Game of Thrones di Kehidupan Nyata

rekomendasi buku puisi

Buku Puisi yang Wajib Kamu Baca