in ,

Pernah Populer, Grup Band Ini Redup Ditinggal Vokalis

Dulu populer, kini jarang terdengar

grup band yang pernah tenar di Indonesia
Foto: instagram

Ngobrolin.id — Banyak grup band yang berjaya pada masanya. Sayangnya, sering kali pesona sang vokalis jauh lebih dominan ketimbang personil lainnya. Hengkangnya vokalis dari grup band tertentu biasanya akan berdampak hingga band tersebut tutup buku. Simak beberapa grup band yang pernah tenar di Indonesia berikut.

Cokelat

grup band yang pernah tenar di Indonesia

Digawangi oleh Kikan sejak kelahirannya, Cokelat tampaknya kesulitan mencari warna suara yang pas dengan warna suara Kikan. Sejak keluarnya Kikan dari Cokelat, band yang berkali-kali mengalami pergantian personil ini tampak mulai redup.

Salah satu nama yang sempat menggantikan Kikan adalah Sarah Hadju, jebolan Indonesian Idol 2007. Tak lama, posisi ini digantikan oleh Jackline. Namun, keduanya tak memberikan dampak signifikan.

Utopia

grup band yang pernah tenar di Indonesia

Melambung sejak Ada dan Tiada  serta Terbang diluncurkan, suara Pia sang vokalis sangat lekat dengan karakter Utopia. Tak heran ketika Pia memutuskan keluar pada 2011, grup band ini kembang kempis di kancah hiburan tanah air. Novi, sang vokalis pengganti hanya bertahan setahun sebelum digantikan oleh Anna.

Kerispatih

grup band yang pernah tenar di Indonesia
Foto: instagram

Tersandung kasus narkoba, Sammy Simorangkir harus rela namanya dicopot dari jajaran personil Kerispatih. Band gubahan Badai yang sudah mengudara sejak 2003 itu memiliki banyak penggemar. Sammy sebagai vokalis pun banyak diidolakan karena karakter suaranya yang khas dan unik.

Tak lama setelah keluarnya Sammy dari Kerispatih, grup band tersebut berganti vokalis menjadi Fandy Santoso yang merupakan jebolan Indonesian Idol 2007. Namun, hal tersebut ternyata tidak bisa mengembalikan kejayaan band yang melambungkan nama Sammy tersebut. Justru, Sammy Simorangkir sukses berkarier sebagai solois di luar Kerispatih.

Payung Teduh

grup band yang pernah tenar di Indonesia

Salah satu grup band indie ini naik daun berkat single Akad yang digandrungi remaja hingga orang dewasa. Dampaknya, popularitas Payung Teduh meningkat drastis. Sayangnya, grup yang terbentuk pada 2007 tersebut harus kehilangan dua personilnya sekaligus setelah sepuluh tahun berkarya bersama.

Adalah Mohammad Istiqamah Djamad atau yang akrab disapa Mas Is, vokalis Payung Teduh yang memberikan warna suara pada grup tersebut. Bersama Comi Aziz Kariko, ia keluar dan memilih bersolo karier. Kini, Payung Teduh sedang berusaha kembali menemukan warna suara yang tepat bagi lagu-lagu yang telah mereka ciptakan.

Jikustik

grup band yang pernah tenar di Indonesia
Foto: instagram

Senada dengan grup band di atas, hengkangnya Pongky Barata juga mengubah warna suara dari salah satu grup band legendaris ini. Lagu-lagu superromantis yang tadinya dibawakan Pongky dianggap punya warna yang berbeda setelah berganti vokalis.

 

Penyebab heartburn

Timbulkan Heartburn, Hindari Konsumsi Ini Berlebihan

Lagu Payung Teduh

Sederetan Lagu Payung Teduh yang Benar-benar Bikin Teduh