in ,

Perpanjang SIM Sudah Bisa Sambil Rebahan Lewat Aplikasi Sinar

Gak perlu antri panjag-panjang lagi, deh

perpanajng SIM
foto: Ngobrolin

Ngobrolin.id — Saat ini perpanjang SIM semakin mudah dan bisa dilakukan di rumah melalui handphone. Aplikasi Sinar atau SIM Nasional Presisi sudah resmi diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk perpanjang SIM A dan C secara daring.

Selain bisa dilakukan di rumah, kamu juga tidak perlu capek mengantre di tempat pembuatan SIM. Biasanya, antre adalah bagian yang paling bikin males saat harus perpanjang SIM, kan?!

Aplikasi Sinar cukup mudah digunakan. Masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi, kemudian mengikuti prosedur pembuatan atau perpanjangan yang sudah tertera di dalam aplikasi. Setelah seluruh proses selesai dilakukan, SIM akan diantar ke rumah dengan jasa pos atau pemohon dapat mengambilnya di Satpas.

Saat ini aplikasi tersebut masih hanya tersedia di Android, pengguna iOS masih belum dapat memanfaatkan aplikasi tersebut. Namun, pihak Kepolisian masih terus mengembangkan aplikasi Sinar agar bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia, termasuk yang menggunakan iPhone.

Persyaratan yang perlu kamu siapkan ketika ingin memperpanjang SIM melalui aplikasi ini adalah foto e-KTP, SIM, tanda tangan di atas kertas putih, dan foto dengan latar belakang biru. Selain itu, kamu juga akan diminta melampirkan hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi.

Pemeriksaan kesehatan dan psikologi tersebut dapat diajukan melalui aplikasi tersebut. Nantinya, pemohon akan melakukan pemeriksaan melalui e-rikkes atau elektronik pemeriksaan kesehatan dengan memilih menu registrasi dan memasukan NIK serta foto selfie. Setelah itu, pemeriksaan akan mendapatkan kode booking yang dapat ditunjukkan ketika berkunjung ke dokter.

Aplikasi tersebut juga akan memilih dokter yang telah direkomendasikan oleh Pusdokkes Polri. Apabila hasil pemeriksaan sudah memenuhi syarat, hasil pemeriksaan akan masuk ke e-rikkes. Namun, jika hasil pemeriksaan tidak memenuhi syarat, pengajuan SIM akan batal. Hal tersebut juga berlaku pada tes psikologi.

Setelah proses perpanjang SIM sudah selesai dilakukan, kamu dapat langsung memilih metode pengiriman yang tersedia. Kemudian kamu akan diminta untuk membayar melalui virtual account BNI sebelum SIM dicetak dan dikirim.

 

bibir kering

5 Tips Jitu Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

tes swab

Tes Swab dan Vaksin di Bulan Puasa Tidak Membatalkan Puasa