in , ,

Perpustakaan di Depok yang Bisa Diakses Umum

perpustakaan yang asik untuk dikunjungi di kota Depok

perpustakaan di depok
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Perpustakaan bisa menjadi salah satu pilihan tempat untuk kamu mencari inspirasi atau sekadar menghabiskan waktu kosong dengan hal yang bermanfaat. Saat ini ada banyak perpustakaan di Depok yang bisa diakses oleh umum, lho! Berikut ini dua perpustakaan di Depok yang bisa kamu tuju.

Perpustakaan Kota Depok

Perpustakaan ini terbilang masih baru. Buku-buku dalam perpustakaan Kota Depok memang tidak begitu banyak. Namun, jika kamu ingin mencari referensi umum, bisa kok. Letaknya di lingkungan Balai Kota Depok dan cukup mudah dijangkau.

Ruang membaca pada perpustakaan ini disatukan dengan ruang koleksi buku-buku umum, jadi kamu bisa dengan mudah membaca buku dekat dengan rak-rak buku. Area membacanya juga cukup nyaman, dilengkapi dengan meja kubikel dan bangku yang empuk. Ruangannya pun full AC sehingga akan membuatmu nyaman.

Untuk kamu yang sedang ingin mengerjakan tugas kuliah, perpustakaan ini bisa menjadi tempat yang nyaman. Area membacanya juga dilengkapi oleh stop kontak sehingga sudah sangat mendukung kamu untuk mengerjakan tugas seharian di tempat ini.

Tidak hanya buku-buku umum yang tersedia, tetapi ada juga berbagai macam buku ensiklopedia, jurnal, sejarah Kota Depok dan buku-buku khusus lainnya. Kamu juga bisa mendaftar menjadi anggota perpustakaan dengan cara yang sangat mudah, cukup menyerahkan fotokopi identitas diri dan setelah itu kartu keanggotaan kamu akan langsung jadi. Kartu keanggotaan tersebut bisa digunakan untuk meminjam buku perpustakaan.

Perpustakaan Universitas Indonesia

Perpustakaan ini terletak di Universitas Indonesia dan sempat menjadi perpustakaan terbesar pada masanya. Ketika pertama kali masuk ke area perpustakaan UI, kamu mungkin langsung kebingungan karena terlalu besar.

Untuk orang umum akan dikenakan biaya masuk Rp5.000. Setelah membayar, pengunjung umum akan mendapatkan stiker sebagai tanda masuk. Selanjutnya, kamu yang membawa tas harus menitipkannya di loker dan menukar tas kamu dengan tas plastik yang disediakan oleh pihak perpustakaan. Untuk meminjam lemari loker, kamu harus menaruh kartu identitas seperti KTP atau SIM. Hal ini harus dilakukan untuk kamu yang ingin masuk ke area koleksi buku.

Perpustakaan UI sangat besar, terbagi menjadi 4 lantai. Lantai pertama tempat registrasi masuk, lantai dua tempat buku-buku umum, lantai tiga tempat tugas akhir mahasiswa Universitas Indonesia, dan lantai empat adalah tempat buku-buku khusus.

Selain ruang koleksi, kamu juga bisa menggunakan ruang belajar yang berada di luar ruang koleksi. Di area tersebut disediakan meja, kursi, serta stop kontak yang bisa digunakan. Oh iya, buku yang ada di ruang koleksi tidak bisa dibawa ke luar, ya.

Orang umum tidak bisa meminjam buku perpustakaan. Hanya mahasiswa Universitas Indonesia yang bisa meminjamnya.

lilin aromaterapi

Cara Membuat Lilin Aromaterapi Sendiri di Rumah

our shining days

Our Shining Days, Rekomendasi Film Drama yang Ringan