in ,

Persiapan Masa Depan, Bagus Nabung atau Investasi?

jadi, lebih bagus nabung atau investasi, nih?

nabung atau investasi
foto: Pixabay

Ngobrolin.id— Orang zaman dulu biasanya menabung uang di celengan yang terbuat dari tanah liat atau di dalam kaleng biskuit yang dimodifikasi jadi celengan. Kini, orang-orang sudah bisa lebih mudah menabung di bank karena layanan jasa perbankan di Indonesia sudah cukup luas. Namun, pernahkah kamu terpikir, lebih bagus mana antara nabung atau investasi jika tujuannya adalah masa depan yang cerah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, uang tabungan adalah uang simpanan, sedangkan menabung berarti menyimpan uang. Sementara itu, investasi artinya adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Dengan rajin menabung, kamu punya dana cadangan yang bisa digunakan untuk kebutuhan atau keperluan yang mendadak. Sayangnya, uang yang berada di tabungan sebenarnya tidak mengalami penambahan karena adanya kenaikan harga barang dan jasa.

Misalnya, kamu menabung untuk membeli rumah tipe A seharga Rp200 juta. Uang tabungan tersebut baru terkumpul setelah tiga tahun kemudian. Apakah harga rumah tersebut masih tetap sama atau tidak setelah tiga tahun berlalu? Sudah pasti tidak. Uang yang sudah terkumpul hanya bisa digunakan untuk membeli rumah dengan spesifikasi yang lebih rendah dari tipe A.

Hal serupa juga terjadi pada biaya pendidikan. Sudah pasti biaya pendidikan saat ini dan biaya pendidikan lima tahun mendatang akan jauh berbeda.

Sementara itu, uang yang kamu masukkan ke investasi bisa terus mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu. Modal tersebut dapat tumbuh lebih besar dari awalnya jika dikelola dengan bijak. Hal ini dikarenakan modal yang terus berputar selama bisnis masih dijalankan. Bisnis tadi akan terus memberikan kamu keuntungan setiap bulannya mengikuti perkembangan zaman.

Oleh karena itu, jika tujuan yang ingin kamu capai adalah masa depan yang cerah, langkah yang harus dipilih adalah investasi. Sementara itu, jika kamu hanya ingin mempersiapkan dana yang cepat liquid atau cair untuk kepentingan mendesak, kamu bisa memilih untuk menabung.

Investasi harus dilakukan dengan bijaksana karena mengandung risiko yang lebih besar daripada tabungan. Sebelum memulai investasi, sebaiknya kamu mempelajari lebih dalam seluruh metode investasi agar kamu bisa menentukan investasi yang cocok. Tenang saja jangan bingung, saat ini sudah banyak kelas investasi yang diselenggarakan oleh berbagai pihak.

bogor berkebun

Semakin Mudah Urban Farming dengan Aplikasi Gerakan Bogor Berkebun

komunitas hidroponik

Komunitas Hidroponik Bogor Raya, Komunitas Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman Hidroponik