in

Persiapan Melakukan Olahraga Lompat Tali, Jangan Sembarangan!

olahraga lompat tali
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Murah, mudah, dan bisa dilakukan di mana saja adalah keunggulan olahraga lompat tali. Selain itu, manfaat bermain lompat tali salah satunya adalah baik untuk kesehatan kardiovaskular, lho. Tapi sebelum mulai melompat, yuk pelajari dulu persiapan olahraga lompat tali agar terhindar dari cedera.

Tidak cedera

Sebaiknya, sebelum melakukan olahraga ini, kamu tidak dalam keadaan cedera. Cedera yang dimaksud adalah cedera ringan seperti nyeri lulut ataupun cedera berat seperti patah tulang. Terutama, jika cedera yang kamu alami terdapat pada bagian kaki dan pergelangan kaki. Lebih baik, lakukan olahraga lain agar cederamu tidak semakin parah.

Permukaan yang baik

Karena lompat tali dilakukan berulang-ulang, pilihlah permukaan yang baik. Permukaan yang baik akan membantu pendaratan yang ideal. Pastikan permukaan tersebut tidak licin sehingga tidak bikin kamu terpeleset dan mengalami cedera.

Jika kamu melakukan olahraga ini di dalam ruangan, pastikan juga tinggi ruangan tersebut tidak membentur kepalamu. Ketika kamu melakukan lompat tali, kira-kira kamu akan melompat setinggi 25—30 cm.

Pemanasan

Seperti olahraga lainnya, lompat tali pun membutuhkan pemanasan. Kamu bisa jogging atau bersepeda selama 5—10 menit sebelumnya. Aktivitas ini akan berguna untuk melenturkan otot-otot di tubuhmu. Kamu juga bisa melakukan peregangan dan jenis pemanasan lainnya. Nggak mau, kan, pengen sehat malah jadi cedera karena kurang pemanasan?

Berkonsultasi dengan dokter

Jika kamu punya masalah kardiovaskuler, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Kamu bisa bertanya tentang detak jantung maksimum yang sesuai untuk melakukan lompat tali. Pria dewasa sehat berusia 30 tahun umumnya memiliki detak jantung maksimum saat lompat tali sekitar 150 hingga 160 kali.

Tali dan sepatu olahraga

Tidak bisa dipungkiri, kualitas alat olahraga juga diperlukan untuk menunjang keberhasilan, guys. Salah satunya adalah tali yang digunakan untuk lompat tali. Jika masih pemula dalam olahraga ini, dianjurkan memakai tali bermanik-manik plastik atau yang dikenal dengan beaded jump rope. Tali jenis ini lebih mudah dikendalikan dan terjaga bentuknya.

Selain tali, jenis sepatu olahraga juga tidak kalah penting. Pakai sepatu olahraga saat melakukan olahraga, bukan sepatu formal atau justru sandal untuk menghindari terpeleset dan cedera.

Figura Renata

Kenalan Yuk Sama Duo Figura Renata

pembersih wajah

Jangan Sembarangan Menggunakan Pembersih Kulit Wajah